Bekerja pada bidang yang sesuai dengan hobi tentu sangat menyenangkan. Kamu bisa mendapatkan penghasilan sambil melakukan hobi yang kamu sukai. Nah, kalau kamu memiliki hobi menulis, ada banyak sekali peluang pekerjaan yang bisa kamu coba. Berikut ini Pintaria sudah merangkum 5 pekerjaan yang mungkin akan cocok dilakukan oleh kamu yang memiliki hobi menulis.

Content Writer

Seiring berkembangnya teknologi saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa content writer untuk mempromosikan produk mereka di website. Pekerjaan yang satu ini akan sangat cocok dan bisa dicoba jika kamu memiliki hobi menulis. Tugas dari content writer sendiri adalah mengumpulkan bahan informasi dari berbagai sumber kemudian mengulasnya kembali dengan bahasa yang lebih menarik. Kemudian, tulisan-tulisan yang dibuat akan dimuat pada website perusahaan tersebut. Selain bisa bergabung dalam sebuah perusahaan, kamu pun juga bisa menjadi freelance content writer jika tidak ingin terikat pada suatu perusahaan.

Jurnalis

Pekerjaan lain yang cocok untuk kamu yang hobi menulis adalah menjadi seorang jurnalis. Pekerjaan yang satu ini membutuhkan kemampuan menulis yang cepat dan akurat. Apalagi jika kamu senang jalan-jalan. Kamu bisa menuliskan reportase perjalanan maupun kejadian di berbagai tempat. Jadi, kalau kamu mau melatih skill menulismu agar bisa cepat dan tepat, mungkin bidang yang satu ini bisa kamu coba. Kamu bisa bergabung di sebuah perusahaan maupun menjadi seorang jurnalis lepas.

Baca juga: Pekerjaan Sampingan Sambil Kuliah, 5 Profesi Ini Bisa Kamu Coba

Penulis Cerita

Buat kamu yang senang berimajinasi atau memiliki ide-ide cerita yang menarik, kamu bisa menuangkannya menjadi sebuah karya. Kamu bisa menuliskan ide-ide tersebut menjadi novel, maupun buku cerita anak. Saat ini pun, buku anak sedang sangat hits. Hal ini dikarenakan banyak orang tua yang ingin mengajarkan anaknya untuk gemar membaca buku sejak dini. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan membuat buku anak karyamu sendiri. Selain bisa menyalurkan hobi, kamu pun tentunya akan mendapat penghasilan jika buku tersebut diterbitkan dan dijual.

Ghost Writer

Pekerjaan seorang ghost writer bukan berarti sebagai penulis hantu lho, Pintarian. Lebih tepatnya, ghost writer merupakan seorang penulis yang menyediakan jasa menulis artikel, cerita, atau berbagai jenis tulisan lain tanpa mencantumkan nama penulisnya dalam tulisan tersebut. Biasanya pekerjaan ini menerima proyek menulis dari seseorang dimana tema dari tulisan tersebut telah ditentukan. Jadi, seorang ghost writer hanya membantu menulis sebuah tulisan dengan gagasan dari kliennya. Tentunya, kamu juga bisa mendapatkan upah dari pekerjaan ini. Besar upahnya pun tergantung dari hasil diskusimu dengan klien.

Blogger

Sebagian besar orang yang hobi menulis biasanya membuat blog mereka sendiri untuk menyalurkan tulisan-tulisannya. Kalau kamu juga sering menulis di blog yang telah dimiliki, kamu bisa meraih keuntungan lho! Caranya, kamu hanya perlu mempromosikan blog pribadimu ke masyarakat luas agar mereka membuka dan membaca tulisanmu. Jika pengunjung blog-mu ramai, kamu bisa mendaftarkan blog tersebut ke Google Adsense dan juga dari iklan-iklan lainnya. Tapi, hal yang satu ini membutuhkan proses dan waktu yang cukup panjang sehingga membutuhkan kesabaran.