Semua orang pasti mendambakan hidup yang bahagia kini dan nanti. Termasuk saat kamu kelak memasuki masa tua kamu.

Walau terkesan masih jauh dari pandangan, dengan umur kamu yang masih muda saat ini. Tapi bukan berarti kamu tidak boleh mempersiapkan dan melakukan hal terbaik dan sepenuh hati untuk beberapa hal agar  tidak menyesal di hari tua.

 Ingat Pintarian, saat waktu itu itu tiba. Penyesalan tidak bisa membuat kamu bisa mengulang waktu kembali.

Lalu hal apa saja yang sebaiknya kamu hindari agar tidak menyesal di hari tua? Yuk simak beberapa diantaranya.

Tidak Berusaha Mencapai Cita-Cita

Saat kamu masih anak-anak hingga menjelang dewasa. Kamu pasti atau setidaknya memiliki harapan untuk menggapai cita-cita yang diinginkan. Tapi seiring waktu terkadang kita berubah pikiran dan menjalani tujuan lain yang lebih aman, karena takut mencoba dan ragu akan kemampuan sendiri.

Hal lain yang turut memberikan peran adalah pergaulan dan pengaruh lingkungan yang kuat yang mengalihkan perhatian kamu untuk hal lain, dan pada akhirnya kamu terjebak dalam aktivitas rutin yang tidak sesuai passion dan tidak membuatmu semangat saat menjalaninya.

Terjebak dalam Pekerjaan yang Salah

Dengan kebutuhan akan uang dalam memenuhi kebutuhan sehari –hari.  Banyak dari kita yang terjebak dalam pekerjaan yang tidak membuatmu bahagia. Hal ini berkaitan dengan penjelasan sebelumnya.

Pekerjaan yang  tidak membuatnya bahagia, dalam hal ini bukan sekadar profesi semata tapi juga lingkungan kerja dan budaya kerjanya. Dimana kamu tetap bertahan dengan tekanan kerja seperti atasan yang buruk, pekerjaan yang selalu menumpuk hingga sering lembur, rekan kerja yang tidak suportif, dan lainnya. 

Dampak buruknya bisa sangat mengganggu kesehatan fisik maupun mental yang kelak bisa saja dirasakan di hari tua.

Tidak Menabung dan Berinvestasi untuk Hari Tua

 Saking sibuknya bekerja dan menggunakan penghasilan untuk kebutuhan. Kamu sampai melupakan hal penting yaitu menyimpan dana atau penghasilan sebagai tabungan di hari tua atau masa pensiun kamu kelak.

Di sisi lain, kamu juga jangan lupa untuk memiliki investasi di hari tua. Seperti memiliki usaha sendiri atau pemasukan secara pasif. Dimana kamu tetap bisa mendapatkan pemasukan, walau sudah tidak aktif lagi bekerja.

Sehingga nantinya di hari tua, kamu tidak lagi dipusingkan dengan masalah keuangan yang akan merepotkan dan melelahkan dengan keadaan kamu yang tidak lagi muda.

Baca juga: Penyebab Orang Tidak Nyaman Komunikasi Denganmu

Tidak Meluangkan Waktu Bersama Teman Dekat dan Keluarga

Saat kerja dan segala hal yang kamu lakukan dalam meraih karier dan mimpi kamu dalam dunia kerja. Tidak sedikit dari kamu yang melupakan untuk membagi waktu berharga bersama keluarga, kerabat, dan teman dekat.

Dan hal yang bisa membuatmu sedih adalah saat kamu telah menyadari betapa pentingnya mereka. Semua telah terlambat, entah karena waktu yang tidak memungkinkan hingga orang tersebut bisa jadi sudah tidak ada atau wafat.  

Untuk itu,  dengan segala kesibukan yang kamu miliki. Tetap prioritaskan keluarga dan orang terdekat kamu.

Tidak Menjaga Kesehatan Tubuh

Hal yang termasuk paling sering dikeluhkan kaum manula adalah tidak menjaga kesehatannya di saat masih sehat dan muda. Untuk itu Pintarian, jangan sepelekan segala kebiasaan buruk yang kamu lakukan dalam upaya memupuk penyakit yang kelak bisa muncul di hari tua.

Hal yang paling umum terlihat seperti merokok, begadang, minum alkohol, tidak makan sehat, dan kurang berolahraga merupakan perilaku yang umum dan dikenal paling rentan memberikan penyakit untuk tubuh kamu.

Dan saat sudah terkena penyakit, semua hal seperti tabungan, uang hasil investasi, dan lainnya akan habis untuk biaya pengobatan penyakit kamu, yang timbul akibat gaya hidup buruk kamu di masa muda.