Merasa berdebar saat menantikan waktu wawancara adalah hal yang wajar kok, Pintarian. Apalagi jika kamu belum memiliki pengalaman melamar kerja sebelumnya. Pastinya kamu akan merasa gugup dan takut untuk menghadapinya. Meskipun hal ini wajar, tapi bukan berarti kamu membiarkan perasaan gugup tersebut. Sebab, jika rasa gugup menguasaimu, kamu akan kesulitan berpikir jernih ketika ingin menjawab pertanyaan saat wawancara. Kehilangan fokus akibat gugup bisa-bisa mengganggu kelancaran wawancara lho!

Maka dari itu, walau dengan kemampuan yang sebetulnya mumpuni untuk menjalani tanggung jawab pekerjaan kamu kelak. Kamu harus lebih siap untuk setidaknya mengatasi kegugupan dan menjawab pertanyaan dengan baik, jelas, dan meyakinkan sat wawancara.

Lalu bagaimana caranya? Pintaria punya beberapa tips agar kamu bisa melakukannya, simak yuk!

Persiapkan segala hal yang dibutuhkan

Pertama-tama, kamu harus mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk wawancara tersebut. Siapkanlah hal ini maksimal sehari sebelum wawancara berlangsung. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi berkas yang tertinggal atau terburu-buru di hari wawancara. Siapkanlah surat lamaran kerja, CV, ijazah, dan sertifikat pelatihan yang kamu miliki. Simpan dokumen tersebut dalam map atau folder khusus sehingga kamu mudah untuk mengambilnya. Selain dokumen, siapkan juga pakaian yang ingin kamu kenakan saat wawancara nanti. Sebab, pakaian juga bisa meningkatkan percaya diri.

Mencari tahu informasi mengenai perusahaan tersebut

Langkah yang satu ini biasanya diabaikan oleh kebanyakan orang. Padahal, mencari tahu informasi mengenai perusahaan tersebut penting untuk dilakukan lho, Pintarian. Kamu bisa mencari infor tersebut melalui website perusahaan, membaca brosur profil perusahaan, atau menelpon customer service perusahaan tersebut. Informasi yang kamu butuhkan antara lain mengenai sejarah perusahaan, pencapaian, budaya kerja, masalah yang dihadapi, serta target perusahaan tersebut. Dengan informasi ini, kamu pun akan lebih tenang dan enggak merasa gugup saat wawancara.

Baca juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Melamar Pekerjaan Melalui Email

Berlatih

Saat mendapat panggilan wawancara, biasanya pemberitahuan tersebut akan diberikan beberapa hari sebelumnya. Selain mencari tahu informasi mengenai perusahaan tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan waktu untuk membuat daftar antisipasi pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan. Sebab biasanya saat gugup, pikiran pun akan terasa kosong sehingga membuat kebingungan. Langkah ini cukup penting kamu lakukan untuk menghindari hal tersebut. Tulislah pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam buku catatan dan cobalah berlatih untuk menjawabnya sendiri. Dengan begini, kamu bisa menyiapkan jawaban terbaik saat wawancara serta mencari data yang dibutuhkan untuk memperkuat jawabanmu.

Datang lebih awal

Jika kamu datang lebih awal, hal ini juga akan membantumu merasa lebih rileks. Sebab, kalau kamu terlambat kamu pun akan terburu-buru dan akhirnya akan lebih gugup. Datanglah 30 menit sebelum wawancara dimulai. Kamu pun bisa bersantai sejenak, merapikan pakaian ataupun rambut, memastikan dokumen sudah lengkap, pergi ke toilet dan lain sebagainya. Ini juga bisa menjadi satu nilai tambah untukmu. Karena perekrut akan menilaimu sebagai pribadi yang tepat waktu.

Miliki pikiran yang positif

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah tanamkan pikiran positif dalam pikiranmu. Bukan hanya itu saja, kamu juga harus bersikap percaya diri ya, Pintarian. Bayangkan saja bahwa kamu sedang melakukan sebuah pekerjaan besar. Jawablah pertanyaan dari perekrut dengan jelas dan ringkas. Bersikaplah seolah kamu sudah mengetahui tentang perusahaan tersebut. Selain itu, ingatlah bahwa kamu memiliki keterampilan dan kamu adalah orang yang terbaik untuk menempati posisi pekerjaan tersebut. Kalau kamu bisa melakukannya dengan percaya diri, perekrutpun akan memaklumi dan mengabaikan apapun kegugupan yang kamu miliki.