Di zaman yang semakin cepat dan informasi yang silih berganti, kita dituntut untuk selalu cepat tanggap dalam segala hal. Akan tetapi mengambil keputusan cepat bukan berarti kita bisa menutup mata pada begitu banyak pertimbangan. Keputusan cepat yang mesti diambil itu diikuti oleh kemampuan kita untuk cepat menganalisa situasi, permasalahan dan konteks zaman. Dengan kata lain, kita harus terbiasa bekerja dengan cepat dan tepat.

Tapi tenang, ada beberapa tips yang bisa kita ikuti agar bisa bekerja dengan cepat sekaligus mengambil keputusan yang pas dalam segala situasi.

Menyusun Rencana

Salah satu cara terbaik untuk bekerja dengan cepat adalah dengan menyusun rencana harian yang rapi. Sebelum mulai beraktivitas, buatlah perencanaan yang matang., misalnya di malam hari. Siapkan catatan agar perencanaan itu tidak dilupakan. Setelah itu, cobalah meminimalisir improvisasi dalam menjalankannya.

Tentukan Tema Harian

Biasanya kita akan kesulitan membagi waktu untuk pekerjaan terutama pekerjaan yang menuntut banyak konsentrasi. Agar lebih efektif, cobalah untuk selalu fokus pada tujuan apa saja yang ingin dicapai dengan pekerjaan itu. Singkatnya, buatlah prioritas pekerjaan harian dan sebisa mungkin jangan melakukan dua atau lebih pekerjaan sekaligus yang bisa membuat kita mudah kehilangan konsetrasi dalam bekerja.

Bagi Waktu Kerja dalam Sehari

Ada 24 jam dalam sehari yang bisa kamu bagi-bagi sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan. Cobalah untuk selalu tepat sasaran dan tidak mencampur-aduk pekerjaan yang bisa berpotensi mengganggu hasil yang ingin dicapai.

Berlatih Multi-Tasking

Nah jika benar-benar terpaksa karena tuntutan pekerjaan yang begitu banyak, cobalah latih diri untuk sanggup melakukan dua atau lebih pekerjaan dengan tidak berkompromi pada hasil yang maksimal. Hal ini hanya baik dilakukan jika kamu benar-benar yakin bisa menjalankannya. Tambahan, setelah kamu kerjakan, hasil kerjanya harus kamu periksa ulang! Kalau masih ragu, sebaiknya jangan ya!

Mengatur Waktu

Manajemen waktu yang baik akan membuat kamu terhindar dari masalah. Hal ini bukan berlebihan lho! Jika kamu bisa mengatur kapan waktu untuk bekerja dan kapan waktu untuk bersantai, bukan tidak mungkin, kesehatan fisik kamu juga akan menjadi lebih baik. Riset kedokteran telah membuktikan kaitan antara manajemen waktu dengan kesehatan fisik, jadi coba untuk atur waktu dengan baik yuk!

Rencana Jangka Panjang

Adanya perencanaan jangka panjang akan membuat kamu mudah untuk mengatur jadwal harian  dan detil kerja yang lain. Perencanaan jangka panjang ini sekaligus membantu kamu tidak “keluar dari jalur” dalam bekerja, dan efeknya, pekerjaan akan selesai lebih cepat.