Ciri Lingkungan Kerja yang Baik dan Sehat

Bekerja terkadang membutuhkan lingkungan sehat agar bisa produktif.  Walau tidak semua bisa dirasakan langsung, tapi kamu kelak bisa membandingkan saat ada atau tidaknya hal yang menjadikannya tempat yang ideal dalam melakukan aktivitas kamu.

 Lalu faktor atau indikator apakah yang menjadikan lingkungan kerja yang sehat?

Sebagai tempat yang banyak mengonsumsi waktumu, lingkungan kerja yang sehat akan sangat berperan menjaga kesehatan fisik dan mental kamu dalam bekerja.

Mau tahu hal apa saja ya membuat kantor kamu masuk dalam kategori kantor yang sehat. Simak ciri beberapa diantaranya:

Suasana Kerja yang Hangat, Ceria, dan Cerdas

Berada di suasana kerja yang hangat, ceria, dan cerdas, akan memberikan atmosfer menyenangkan saat bekerja.  Hal ini jelas akan memberikan motivasi dan membantu kamu untuk memberikan hasil yang baik.

Persahabatan Solid dengan Rekan Kerja

Persahabatan dengan rekan kerja yang terjalin dengan baik. Memungkinkan kamu memiliki komunikasi yang lancar dan tidak rentan terhadap salah paham yang bisa mengganggu pekerjaan. Hal yang juga menjadi keunggulan adalah kemudahaan untuk membentuk tim kerja yang efektif.

Hanya saja, persahabatan dengan rekan kerja jelas berbeda dengan sahabat dekat di kehidupan sosial kamu. Tetap ada batasan yang harus dijaga dan dipahami, khususnya berkenaan dengan tanggung jawab pekerjaan masing-masing dan tim.

Jangan sampai alasan persahabatan membuat kamu atau rekan kerja terlena.

Baca juga: Gagal Move On di Lingkungan Kerja Baru, Ini Cara Mengatasinya

Lebih Bebas Berbagi Ide

Berkaitan dengan sebelumnya, saat hubungan dengan rekan kerja atau bahkan atasan terjalin dengan baik. Kamu bisa lebih tenang dan nyaman dalam menyampaikan ide dan kreativitas.

Coba bayangkan jika bekerja di tempat yang memiliki atasan yang mudah marah dan sulit untuk diajak berdiskusi. Tentu kamu akan bekerja dalam tekanan, dengan setiap ide yang ingin kamu sampaikan tidak jadi diungkapkan akibat lingkungan kerja yang penuh ketakutan.

Area Kerja yang Bersih

Pernah berada di tempat kerja yang kotor dan berantakan?  Jika belum, maka bersyukurlah kamu. Karena bekerja di tempat seperti itu, membuatmu sulit untuk konsentrasi.  Setiap sudut pandang dalam ruangan kerja tak  tampak pemandangan yang menyenangkan dan nyaman di mata.

Khusus untuk hal ini, konsep lingkungan kerja yang bersih dan sehat meliputi tempat kerja, toilet, cahaya ruangan, akses air bersih, bahkan suhu ruangan ideal.

Manajemen yang Baik

Salah satu hal penting yang menjadikan lingkungan kerja sehat atau tidak adalah manajemen kantor. Bila manajemen yang dimiliki cenderung buruk, maka perusahaan tersebut akan mengalami situasi yang tidak menyenangkan, seperti menghasilkan turnover rate yang tinggi.  Pegawai yang berada di perusahaan tersebut akan tidak betah berada di perusahaan tempatnya bekerja dan memilih untuk mengundurkan diri karena merasa tidak nyaman dan tertekan dengan situasi yang dirasakannya saat bekerja.

Maka dari itu, apabila perusahaan tempat kamu bekerja memiliki manajemen yang baik, akan berdampak positif pula bagi karyawannya. Salah satu indikasi manajemen yang bagus adalah mampu mengendalikan kemungkinan konflik yang akan terjadi antar karyawan bahkan dengan atasan. Contoh lainnya adalah bersikap terbuka dengan segala pendapat dan juga ide dari pegawainya.

Pintarian, apakah berada di tempat kerja yang memiliki ciri kantor dengan lingkungan yang sehat? Jika iya. Maka kamu patut bersyukur, karena di tempat tersebut memberikan kamu ruang untuk semakin berkembang dan pastinya memberikan hasil kerja terbaik.

Namun, apabila kamu berada di tempat yang masuk dalam kategori lingkungan kerja yang tidak sehat. Cobalah bertahan dan tetap memberikan yang terbaik, karena siapa tahu nantinya akan ada perubahan. Hanya saja, jika kamu merasa tidak kuat. Kamu bisa mencari peluang kerja di tempat lain, dengan tetap memberikan hasil kerja terbaik di tempat kamu saat ini. Sambil menunggu kesempatan lain berada pasti di genggamanmu.

Tetap semangat Pintarian!

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.