Keterampilan menulis adalah salah satu skill yang paling dicari sekarang ini. Baik untuk kebutuhan akademis, pekerjaan atau keperluan lainnya. Anak muda generasi kini berlomba-lomba menelurkan karya dan menjadi terkenal karena tulisannya. So, jangan mau ketinggalan Ayo latih untuk meningkatkan keterampilan menulis kamu agar enggak dicap ketinggalan zaman.

Sampaikan dengan sederhana

Kendala umum yang dihadapi para penulis awal adalah kesulitan merangkai kalimat demi kalimat menjadi sebuah tulisan yang bermakna. Mengapa? Karena dalam menuangkan gagasan, kita biasanya sudah berpikir keras bagaimana memilih kata yang indah, berirama, penuh bunga-bunga layaknya pujangga.

Secara tidak sadar kita sudah mempersulit diri sendiri. Padahal, menulis pada dasarnya mirip dengan berbicara. Tujuannya adalah membuat orang langsung memahami gagasan yang kita sampaikan lewat tulisan.

Gunakan kata-kata sederhana, kalimat-kalimat pendek dan lugas. Kamu perlu tahu kebiasaan orang mengonsumsi informasi cenderung scanning ketimbang reading. Orang akan menscan kata-kata penting. Ingat, prinsip menulis adalah KISS yaitu kependekan dari keep It simple and short.

Menulis setiap hari

Jadikan menulis sebagai kebiasaan. Ceritakan apa yang kamu anggap menarik dalam sehari. Misalnya pengalaman bertemu seseorang yang kamu kagumi, mempelajari teknik baru dalam bermain basket, sebuah  proses membuat prakarya. Mulai saja dengan tulisan ringan berbentuk tips atau tulisan essay singkat. Anggap saja menulis buru harian. Biarkan mengalir apa adanya.

Atau bisa juga saat sedang merangkum buku pelajaran, bias dengan menyimpulkan poin-poin penting untuk mempermudah kegiatan belajar, terlebih dengan materi pelajaran yang cukup banyak. Cara ini selain meningkatkan keterampilan menulis juga merupakan tips suskses menghadapi tes yang cukup ampuh.

Banyak Membaca

Dari membaca kita bisa mendapat banyak referensi. Bukan hanya terkait materi yang kita  bahas tapi juga mendapat pelajaran bagaimana merangkai kalimat efektif dan efisien. Dari membaca kamu juga bisa mempelajari berbagai gaya penulisan. Itu akan sangat membantu mengembangkan gaya penulisan kamu sendiri.

Eksplorasi Ide

Jangan pernah takut kebabisan ide. Buktinya selalu ada buku-buku baru yang diterbitkan, artikel-artikel menarik yang disebarkan, munculnya para penulis baru yang datang dari berbagai latar belakang pendidikan. Termasuk penulis sekaligus menjadi blogger yang kini mulai menjadi profesi hamper semua orang baik wanita ataupun pria. Memiliki blog pribadi dengan hasil tulisan sendiri juga menjadi salah satu cara meningkatkan keterampilan menulis. (baca juga: ide untuk menulis blog)

Ada pepatah yang bilang, theres nothing new under the sun. Tidak ada hal yang benar-benar baru di dunia ini. Tantangan bagi penulis adalah bagaimana menciptakan rasa baru dalam tulisannya. Ada banyak cara mengekslorasi ide. Bisa dengan teknik mindmap, clustering atau dengan membuat pohon ide.

Cara memperkaya ide dengan mind mapping lebih banyak di lakukan, selain untuk mengasah kemampuan juga bisa membuat inovasi terbaru pada suatu objek. Cara seperti cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis yang tak biasa.

Minta feedback

Untuk saran profesional kamu bisa minta bantuan orang yang kamu anggap mahir dalam menulis. Bisa juga mengikuti workshop penulisan. Tapi bisa saja, feedback yang kamu butuhkan adalah pembaca yang menjadi target audience kamu. So jangan ragu mempostingnya melalui sosial media. Bila kamu tidak yakin orang bisa berkomentar jujur, buatlah tulisan dengan menggunakan nama lain.