Cara Mengirim Lamaran Lewat Email di HP

Di era yang serba canggih dan modern, kamu tidak perlu berkecil hati kalau tidak memiliki laptop atau komputer untuk mengirim surat lamaran kerja. Tidak perlu juga meminjam ke teman atau pergi ke warnet karena surat lamaran kerja bisa kamu kirimkan lewat email yang ada di smartphone. Untuk pengguna Android, berikut cara mengirim lamaran lewat email di HP!

Siapkan surat lamaran dan dokumen lain yang diminta

Sebelum kamu mulai mengirim email berisi lamaran kerja, siapkan dulu dokumen penting dan surat lamaran yang akan dikirimkan. Setiap perusahaan pastinya meminta pelamar mengirimkan dokumen persyaratan standar yang meliputi surat lamaran kerja, CV, resume, ijazah, KTP, pas foto, sertifikat, dan nilai sewaktu pendidikan terakhir. Namun, ada pula perusahaan yang hanya meminta pelamar mengirimkan surat lamaran kerja dan CV. Oleh karenanya, baca dan pahami dulu persyaratan yang diminta sebelum mengirimkan email.

Buka aplikasi Gmail

Bila dokumen persyaratan sudah siap, baik dalam bentuk file pdf maupun word, kamu bisa lanjut ke cara mengirim lamaran lewat email di HP. Pertama, buka aplikasi Gmail yang ada di HP Android dengan logo surat bersimbol huruf “M” warna merah. Kedua, klik simbol “+” yang ada di bagian sudut kanan bawah. Itu adalah pilihan untuk menulis email baru. Kalau sudah di-klik, kamu bisa mulai menulis email.

Isikan alamat email tujuan dan subyek

Jika laman untuk menuliskan email baru sudah muncul, kamu bisa mulai cara mengirim lamaran lewat email di HP dengan mengisi kolom Kepada/To dan Subyek/Subject. Pada kolom Kepada/To, isikan alamat email perusahaan yang dituju. Pastikan kamu sudah mengetikkan alamat email dengan benar supaya surat lamaran terkirim ke perusahaan tujuan.

Lalu, pada bagian Subyek/Subject, isikan judul email. Kalau tidak ada request khusus soal subject, kamu bisa isi dengan Surat Lamaran. Tapi kalau ada permintaan khusus, isikan bagian ini sesuai dengan request yang diminta. Biasanya, format subject yang banyak digunakan adalah “nama pelamar_posisi” atau “posisi_nama pelamar”.

Lampirkan surat lamaran dan dokumen lainnya

Lanjut ke langkah berikutnya, kamu tidak boleh membiarkan bagian body atau isi email kosong. Setidaknya, kamu harus isi dengan kata-kata lamaran yang intinya kamu adalah pelamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Sampaikan dengan bahasa yang formal, singkat, dan jelas. Baru kemudian kamu lampirkan dokumen lamaran yang diminta.

Untuk melampirkan dokumen, klik simbol clip atau tombol lampiran. Bentuknya mirip klip kertas yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Letak tombol ini ada di bagian kanan atas. Klik tombol tersebut, lalu pilih Lampirkan File/Attach File. Kemudian, cari dokumen persyaratan yang akan dikirim, seperti CV, surat lamaran, resume, dan lain-lain. Pastikan kamu sudah memilih semua dokumen persyaratan sebelum kembali ke laman penulisan email.

Baca juga: 5 Cara Buat CV Menarik Perhatian Perusahaan

Cek kembali sebelum mengirim

Selesai dengan seluruh langkah di atas, kamu bisa cek kembali isi email lamaran kerja sebelum dikirimkan. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan ejaan, begitu juga alamat dan subjek email. Luangkan waktu untuk memastikan semuanya sudah benar. Baru kamu bisa kirim email tersebut ke perusahaan dengan klik tombol Kirim/Send yang letaknya di sudut kanan atas. Tombol ini berbentuk segitiga dalam posisi miring.

Kalau sudah mengirimkan email lamaran kerja, pastikan kembali email tersebut sudah terkirim melalui menu Terkirim/Sent yang dapat ditemukan dengan cara klik simbol tiga garis horizontal di bagian pojok kiri atas. Kalau email lamaranmu sudah ada di bagian Sent atau Terkirim, itu artinya lamaranmu telah sukses dikirim ke email perusahaan tujuan.

Mudah sekali, bukan, cara mengirim lamaran lewat email di HP? Sekarang kamu pun bisa mencobanya sendiri untuk lamaran yang akan kamu kirim ke perusahaan tujuan. Kalau mau tahu lebih banyak informasi tentang dunia kerja, kamu bisa baca artikel-artikel lainnya yang ada di Pintaria, ya!

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.