Apakah kamu pernah mendapatkan tugas yang harus dikerjakan secara berkelompok? Di atas kertas memang terlihat lebih menyenangkan, bahkan bisa lebih memudahkan untuk bisa menyelesaikannya dengan baik.

Hanya saja, tugas kelompok bisa menjadi petaka bila tidak dikerjakan sesuai dengan pembagian penugasan yang baik dan benar, yang bisa berdampak buruk pada hasil yang kurang maksimal, hingga kinerja keras yang tidak merata.

Dan bila dilakukan dengan benar, hasil yang dibuat pun bisa memuaskan. Bisa kamu bayangkan setiap individu saling berbagi ide dan membagi tugasnya dengan baik. Bisa dipastikan hasil dan nilai terbaik bisa kamu raih.

Mau tahu penjelasan lebih jelasnya mengenai bagaimana membentuk tim tugas kelompok yang efektif? Simak beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

Pembagian Tugas

Pada proses pembagian tugas, disinilah dimana kamu dengan tim kamu akan mendapatkan kewajibannya masing-masing.  Akan tetapi, dalam pembagiannya, penting untuk kamu pahami, bahwa merata belum tentu adil.

Manfaat dari pembagian tugas adalah untuk membentuk sebuah tim yang efektif agar bisa menyelesaikan tujuan bersama dengan hasil yang memuaskan. Selain itu, pembagian tugas menjadi cara untuk kamu bisa lebih fokus mengerjakan tanggung jawab kamu secara individu kepada kelompok, karena jika tidak dilakukan dengan baik. Setiap individu dalam kelompok bisa bekerja berantakan dan tanpa tujuan.

Pembagian tugas yang baik, membantu kamu untuk bisa berkomunikasi dengan baik mengenai proses dari setiap tanggung jawab individu dalam tim. Sehingga alur atau proses pengerjaan tugas bisa berjalan sesuai rencana.

Lalu bagaimana cara melakukan pembagian tugas dengan baik dalam kelompok? Pintaria punya beberapa tips nih, simak yuk!  

Kenali Karakter dan Kondisi di Kelompok Kamu

Sebelum kamu membagi tugas kepada setiap anggota kelompok, ada baiknya kamu untuk mengenali kelemahan dan kelebihan setiap individu dalam kelompok kamu. Dengan begitu, kamu bisa dengan tepat memberikan tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing saat menjalani tanggung jawabnya.

Memahami Teman yang Memiliki Kemampuan Lebih

Selain itu, kamu juga harus mencoba untuk mengenali teman yang memang memahami tugas yang diberikan dengan baik. Sebagai tolak ukur tujuan dan hasil yang nanti akan dikerjakan. Hal ini bisa dilihat dari pengalaman, pengetahuan, dan lainnya.

Pembagian Tugas Merata yang Adil

Kamu harus memahami bahwa tidak semua orang diberikan kemampuan yang sama. Hal ini berlaku pada kelompok yang kamu miliki. Bisa jadi dalam tim kamu ada individu yang memang masih belum jelas atau kurang mengerti.

Dan jika hal itu terjadi, berikan kesempatan kepadanya untuk belajar dan berkembang.  Kamu bisa memberikan porsi kerja yang lebih besar, tapi dengan beban atau tingkat kesulitan yang tidak terlalu tinggi.

Baca juga: Tertarik Bekerja di Bidang Digital Marketing? Pelajari Dulu Cara Kerjanya

Harus Ada Konsekuensi

Disinilah tantangan dari mengerjakan tugas secara berkelompok. Dimana belum tentu semua anggota memiliki semangat yang sama. Maka dari itu, adanya konsekuensi yang telah disepakati bagi anggota yang tidak bisa mengerjakan tugasnya dengan baik, merupakan solusi yang harus kamu lakukan, karena dengan timpangnya dan kurangnya hasil dari satu anggota, berdampak pada hasil secara keseluruhan dari tugas yang dikerjakan. Dan yang paling tidak menyenangkan adalah menjadi pihak yang harus membantu pekerjaan dari individu yang tidak bisa menjalani tanggung jawab.

Untuk itu, dengan adanya konsekuensi. Berarti setiap anggota harus siap untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan setiap tanggung jawabnya. Dan menerima konsekuensi, apabila tidak bisa menjalaninya dengan baik.