Memiliki kecerdasan finansial itu penting, bahkan sama pentingnya dengan kecerdasan intelektual. Dengan kecerdasan finansial ini, kita bisa membangun hidup yang sejahtera dan bisa mengantisipasi berbagai masalah keuangan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya para ahli keuangan sepakat bahwa kecerdasan finansial harus dilatih sedini mungkin dan terus ditingkatkan.

Dengan memiliki kecerdasan finansial ini kamu juga bisa tahu cara mengatur keuangan secara tepat. Berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan:

Mengontrol Arus Uang

Berapa uang yang miliki, dan berapa jumlah uang yang dibelanjakan. Apa saja yang termasuk pengeluaran rutin, dan mana pos terbesar tempat kita biasa membelanjakan uang. Jika kamu bisa mengatur keuangan dengan baik, bukan tidak mungkin kalau kamu juga bisa mengerti dan paham tentang cara investasi mudah.

Bukan masalah seberapa banyak atau sedikit uang yang dimiliki. Jika terbiasa mengelola dalam jumlah kecil, kamu akan pandai dan terbiasa untuk mengatur keuangan yang besar. Kalau dirasa sulit, kamu bisagGunakan aplikasi mudah yang bisa didapat untuk mencatat arus keluar masuk keuangan kamu. Cara mengatur keuangan seperti ini ternyata cukup membantu bagi sebagian orang lho..

Hindari Perilaku Konsumtif

Beberapa dari kita pastinya mudah sekali tergoda untuk membelanjakan uang. Apalagi banyak lembaga keuangan yang muncul dengan iming-iming diskon atau promo menarik lainnya. Banyak orang bilang hidup itu murah, namun tidak sama dengan kenyataannya karena yang mahal adalah gaya hidup. Artinya jangan mudah tergoda mengeluarkan uang hanya demi gengsi.

Yang perlu dikedepankan adalah esensi. Sebelum memutuskan membeli sesuatu, tanyakan pada diri apakah kamu benar-benar membutuhkannya, ataukah hanya demi memuaskan nafsu semata. Orang yang memiliki kecerdasan finansial tinggi bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Jika kamu bisa tahu cara mengatur keuangan dengan baik, mungkin nantinya kamu termasuk kedalam tanda bakal jadi orang sukses dalam hal mengatur prioritas keuangan lho.

Hidupkan Semangat Enterpreneurship

Boleh saja bercita-cita untuk menjadi orang kaya dan menjadikannya salah satu tujuan dalam hidup kita. Ini adalah salah satu cara membangkitkan semangat enterpreneurship. Belajarlah dari kisah sukses para enterpreneur bagaimana mereka membangun usaha dari nol hingga jadi besar.

Mulailah dengan menggali potensi diri, bakat serta minat kamu untuk membuat prioritas yang lebih dulu untuk membuat planning enterpreneurship. Dengan mengetahui potensi atau minat apa yang dimiliki, maka akan lebih mudah bagi kita untuk menentukan jenis usaha apa yang ingin kita bangun.

Melek Investasi

Investasi bukan hanya monopoli pebisnis. Siapa pun bisa mulai dengan modal berapa saja asal dengan bersungguh-sungguh. Jangan menunggu kaya untuk bisa berinvestasi, tapi berinvestasilah untuk menjadi kaya. Cara mengatur keuangan dalam berinvestasi seperti ini bisa menjadi salah satu alternative kamu dalam memanage keuangan dengan baik.

Sebelum memulai berinvestasi ada baiknya untuk mempelajari dahulu mengenai seluk beluknya. Belajar dapat dilakukan dengan membaca buku, internet atau dengan mengikuti kelas investasi. Sebagai contoh berinvestasi dalam dunia kuliner. Kamu bisa mengikuti tips membangun bisnis kuliner untuk pemula dan bisa mempraktikannya secara nyata.