Keputusan yang tepat akan menentukan keberhasilan sebuah pekerjaan atau bahkan keberhasilan dalam jangka panjang. Berbagai keputusan yang kamu buat itu sedikit-banyak pasti punya efek dalam keseharian, termasuk pilihan kampus. Salah memilih kampus atau bidang studi akan membuat keseharian kamu menjadi salah atau kurang maksimal. Berikut ini tips memilih kampus yang tepat dan berbagai pertimbangannya.

Sebelum mengerti jenis-jenis kampus yang tepat, kamu harus pahami dulu jenis-jenis perguruan tinggi. Secara umum, aturan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional mengatur tiga jenis pendidikan tinggi di Indonesia. Tiga jenis itu adalah Pendidikan Akademik, Pendidikan Vokasi, dan Pendidikan Profesi/Spesialis.

Pendidikan Akademik adalah sistem pendidikan tinggi yang mengarah kepada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu. Pendidikan Vokasi adalah pendidikan tinggi yang mengarah kepada penguasaan keahlian terapan tertentu. Sedangkan Pendidikan Profesi/Spesialis adalah sistem pendidikan tinggi yang hanya dapat ditempuh setelah menyelesaikan program sarjana dan bertujuan menguasai keahlian yang lebih spesifik yang dibutuhkan untuk profesi tertentu.

Nah, setelah memahami jenis-jenis pendidikan tinggi, berikut ini beberapa jenis kampus yang menawarkan pendidikan itu:

Universitas

Sistem pendidikan tinggi di universitas terdiri dari sejumlah fakultas yang menyelenggarakan Pendidikan Akademik dan atau Pendidikan Vokasi dan bahkan spesialis.  Biusa dibilang, universitas menawarkan pilihan yang lebih lengkap baik jalur pendidikan maupun bidang studinya, karena tak terbatas pada bidang-bidang industri, universitas juga menawarkan program humaniora, seni, dan lain-lain.

Institut

Seperti universitas, institut juga menawarkan program pendidikan dengan gelar kesarjanaan. Bedanya, institut hanya menawarkan fakultas-fakultas yang berasal dari satu jenis keilmuan saja. Misalnya Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Kampus ini menawarkan fakultas yang berasal dari satu rumpun ilmu yaitu kesenian.

Sekolah Tinggi

Jenis Sekolah Tinggi adalah perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan akademik dan atau Vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Nah perbedaannya dengan Universitas dan Institut adalah bahwa sekolah tinggi ini hanya memiliki satu fakultas yang terdiri dari berbagai program studi. Hal ini membuat mereka berfokus pada satu bidang ilmu saja.

Akademi

Perguruan Tinggi jenis ini hanya menyelenggarakan Pendidikan Voasi dalam satu atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu. Akademi hanya menyelenggarakan Pendidikan Vokasi dari satu cabang ilmu saja. Misalnya Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Akademi ini menyelenggarakan program studi dalam rumpun ilmu rekayasa (Teknik Elektro, teknik mesin, teknik kimia, dan lain-lain).

Yuk pertimbangkan perguruan tinggi apa yang paling tepat dengan minat kamu!