Bicara di depan publik menjadi momok bagi sebagian orang. Jangan salah, ini tidak hanya terjadi pada mereka yang kelihatannya pendiam saja lho. Sebuah survei di Amerika tentang glossophobia (takut bicara di depan publik) yang dilansir oleh Laman University Press menyebutkan bahwa ketakutan orang bicara di depan publik bahkan lebih tinggi daripada rasa takut mati lho!

Enggak heran, kalau cara melatih public speaking ini cukup banyak diminati. Bagi kamu yang ingin memiliki kepercayaan diri dalam kemampuan public speaking ini kamu perlu menguasainya.

Berikut ini adalah cara melatih kemampuan public speaking yang bisa kamu lakukan sendiri dan bisa dipraktekkan pada saat presentasi.

Latihan 1: Persiapan Umum

Bicara di depan umum tanpa persiapan ibarat pergi berperang tanpa memiliki senjata. Kamu bisa menjadi sasaran tembak yang mudah bagi audience. Maka dari itu, biasakan untuk melakukan persiapan yang matang sebelum tampil.

Apa saja yang perlu disiapkan? Yang pertama dan paling utama adalah materi yang akan disampaikan. Namun, jangan melupakan persiapan lainnya seperti kondisi fisik yang prima, penampilan, dan perangkat pendukung teknis lainnya seperti proyektor, pengeras suara atau alat peraga lainnya yang mendukung.

Selain itu, membuat daftar kebutuhan sebelum tampil akan sangat membantu bagi kamu dalam menyampaikan materi dalam melatih public speaking. Seringkali kegagalan presentasi terjadi karena hal-hal yang terlihat sepele, seperti lupa mengecek kembali sound system.

Latihan 2: Persiapan Materi

Keberhasilan bicara sangat ditentukan penguasaan kita terhadap materi. Betapapun seseorang ahli dalam bidangnya, persiapan materi sebelum bicara tetap perlu dilakukan. Kecuali bila kamu diminta tampil secara mendadak. Jangan samapai nanti menjadi gagal paham terhadap materi dan tidak bisa menjawab pertanyaan dari audience.

Dalam mempersiapkan materi, awali dengan menentukan tujuan kamu bicara dan berapa lama waktu yang diberikan. Susunlah informasi dengan sistematika berpikir yang logis dan runut agar pembicaraan kamu fokus dan tidak melebar ke mana-mana. Pengenalan terhadap audience juga akan sangat membantu.

Kamu bisa menyiapkan contoh kasus dan menggunakan istilah-istilah yang dekat dengan mereka. Bila kamu tau tujuan berbicara, dengan siapa kamu berbicara dan menggunakan media yang tepat, komunikasi akan efektif dan berdampak luas. Dengan kemampuanmu mengasah keterampilan membuat bahan materi yang bagus adalah salah satu cara melatih public speaking yang paling dasar.

Latihan 3: Persiapan Tampil

Ini terkait dengan cara kita berbicara. Pada dasarnya setiap orang memiliki style khas dalam berbicara dan pada saat berbicara di depan umum. Kamu hanya perlu melatih penampilan dan menampilkan versi terbaik dari diri kamu. Tidak perlu berusaha menjadi orang lain. Pelajari cara berbicara yang baik, olah vokal, postur yang sesuai, bagaimana kita bergerak dan mengelola ekspresi wajah.

Cari inspirasi dari tokoh-tokoh yang kamu pandang sebagai role model dalam public speaking, lalu kembangkan versi kamu sendiri sehingga kamu merasa nyaman untuk melakukannya. Lakukan latihan di depan cermin sehingga kamu bisa memantau perkembangannya. Latih sesering mungkin sehingga kamu menyukai orang yang lihat di cermin. Artinya, bila kamu sudah merasa nyaman, kamu siap tampil mempesona di depan publik.

Praktikkan saat presentasi di depan kelas atau saat menghadapi klien. Semakin tinggi jam terbang kamu, rasa percaya diri akan semakin meningkat dan kamu siap bicara di depan siapa saja. Cara melatih public speaking seperti ini juga bisa kamu terapkan untuk membangun personal branding untuk diri.

Selamat berlatih!