Cara Jualan Online Dalam Kondisi Pandemi

Pandemi corona menuntut kita semua beradaptasi ulang dalam menjalani hidup. Dari yang semula bisa bebas bertemu langsung dengan orang lain, kini aktivitas tersebut harus dibatasi demi mencegah penyebaran virus. Hal ini pun menghambat aktivitas bisnis, yang harus memutar otak agar bisnis tetap berjalan. Banyak yang akhirnya memutuskan untuk jualan online untuk mempertahankan bisnis atau menunjang pendapatan. Lantas, bagaimana cara jualan online yang tepat di tengah pandemi?

Selalu utamakan kualitas produk

Salah satu kunci utama berhasilnya cara jualan online adalah memastikan kualitas produk selalu terjaga baik. Jangan memaksakan sesuatu hanya demi keuntungan, tapi justru membuat kualitas produk kamu turun. Misalnya, kamu menjual makanan beku siap saji (frozen food). Jenis makanan seperti ini biasanya tidak bisa bertahan lama di luar kulkas.

Artinya, kamu hanya bisa menjualnya di area kota tempat tinggal kamu agar bisa dikirim dan diterima dalam waktu cepat. Dengan begitu, kesegaran makanan pun tetap terjaga. Kalau seandainya kamu memaksakan diri untuk mengirim hingga ke luar pulau, misalnya, yang membutuhkan waktu relatif lebih lama, bisa-bisa produk frozen food kamu sudah tidak lagi fresh saat diterima konsumen.

Maksimalkan penggunaan media sosial untuk promosi

Namun, sebagus apa pun kualitas produk yang kamu jual, hal tersebut akan percuma jika tidak ada yang membelinya. Itulah kenapa kamu butuh promosi. Walaupun kondisi pandemi menuntut kamu untuk stay di rumah saja, kamu masih bisa mempromosikan produk kamu, kok. Manfaatkan media sosial sebagai cara jualan online yang tidak hanya praktis, tapi juga mudah dan gratis! Apalagi orang-orang yang stay di rumah pasti banyak menghabiskan waktu di media sosial, kan?

Memang, sih, ada program ads khusus yang mengharuskan kamu untuk membayar jika memasang iklan. Namun, selama kamu memberikan konten yang menarik dan relevan dengan kebutuhan target konsumen, produk kamu pasti bakal dikenal banyak orang. Foto produk kamu semenarik mungkin, tentukan tone warna yang sesuai dengan branding produk. Post foto di Instagram, lalu share post tersebut ke media sosial lain seperti Facebook dan Twitter. Jangan lupa ajak teman-teman dan keluarga untuk ikut memberikan like dan share postingan kamu.

Baca juga: 3 Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula

Berikan pelayanan yang cepat dan tanggap

Situasi pandemi mungkin membuat sejumlah orang panik. Sebagai pemilik usaha, kamu harus bisa menangani hal tersebut. Walaupun interaksi dengan konsumen dilakukan secara online, pelayanan harus tetap cepat dan tanggap. Misalnya, ada konsumen A yang panik dan sering mengajukan banyak pertanyaan. Padahal, kamu juga masih punya konsumen lain yang membutuhkan perhatian.

Nah, mungkin saja kamu sedang tidak bisa menemukan jawaban dari pertanyaan dari konsumen A tersebut. Maka, jangan membiarkannya begitu saja. Tetap jawablah pesan dari konsumen A, katakan bahwa saat ini kamu sedang mencari jawaban dari pertanyaannya dan akan segera memberitahukan kepadanya. Intinya, jangan sampai membuat konsumen menunggu respon kamu terlalu lama hingga merasa diabaikan.

Tawarkan promo jika memungkinkan

Siapa, sih, yang tidak suka dengan promo? Baik untuk cara jualan online maupun offline, penawaran promo kemungkinan besar selalu mampu menarik perhatian konsumen. Banyak jenis promo yang bisa kamu tawarkan untuk meningkatkan hasil penjualan online di tengah pandemi. Contohnya bisa memberikan diskon pada periode waktu tertentu atau promo buy 1 get 1.

Namun, ingat, pemberian promo ini sifatnya tidak wajib. Cek dulu arus kas usaha kamu. Lakukan analisis dan forecasting, jika memang pemberian promo justru membuat arus kas berantakan, sebaiknya tahan dulu rencana tersebut.

Selain keempat tips di atas, masih banyak hal penting yang perlu kamu terapkan dalam cara jualan online. Segera cari tahu di kelas online Pintaria! Bagi yang sudah punya Kartu PraKerja, kamu bisa menggunakannya untuk mengakses kelas tersebut, lho. Pasti bakal ada banyak ilmu bermanfaat untuk membantu kamu sukses jualan online!

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.