Cara Bijak Bersaing dengan Rekan Kerja

Seperti apapun jenis pekerjaan yang sedang digeluti, selalu ada kondisi dimana kamu akan bersaing dengan rekan kerja. Itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Entah karena kantor menerapkan deadline ketat atau bahkan target yang tinggi guna mengukur kemampuan setiap karyawan.

Sayangnya, tidak banyak orang memahami bagaimana bersaing dengan rekan kerja yang baik. Alhasil banyak karyawan bimbang tak tahu harus berbuat apa atau justru cenderung menggunakan cara-cara kurang sehat.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, kamu harus senantiasa meningkatkan kualitas diri di dalam perusahaan. Untuk lebih jelasnya, coba kamu terapkan beberapa cara yang telah kami rangkum berikut ini.

Percaya Diri pada Kemampuan

Sangat mustahil kinerja seseorang langsung sempurna. Kamu pasti merasakan kegagalan selama proses bekerja. Di sinilah kamu akan belajar dari kesalahan, terus melangkah tanpa berputus asa. Percaya diri dan yakin pada kemampuan bahwa kamu bisa melewatinya.

Melatih Bakat dan Keterampilan

Daripada kamu cemas melihat keunggulan rekan kerja lain di kantor, alangkah baiknya kamu fokus melatih bakat dan keterampilan. Curahkan energi untuk meminimalisir kekurangan dan menonjolkan kelebihan kamu. Setidaknya, cari apa yang belum kamu kuasai di kantor dan kembangkan perlahan-lahan.

Mengamati Kelebihan dan Kekurangan Rekan Kerja

Setelah melatih bakat, kamu bisa belajar dari rekan kerja tentang cara meningkatkan kualitas atau mutu kerjanya. Barangkali pekerjaannya terselesaikan secara cepat dan akurat, atau ia memiliki etika baik dalam menjalin hubungan dengan sesama rekan kerja dan atasan.

Selain itu, tingkatkan kewaspadaan terhadap pihak yang ingin ‘menusuk dari belakang’. Tak usah terpancing emosi, cukup jadikan sebagai pelecut semangat demi memaksimalkan potensi dan kualitas kamu.

Saling Membantu tanpa Merasa Tersaingi

Memang benar kamu sedang bersaing dengan rekan kerja. Namun sangat tidak nyaman jika kamu cenderung kurang bersahabat di kantor dan malas membantu sesama. Tetaplah menjadi pribadi yang baik, bantu rekan kerja sesuai kemampuan kamu secara tulus. Toh kamu juga perlu bantuan mereka nantinya.

Berkompetisi Secara Sehat

Ini tak kalah pentingnya. Di dunia kerja, orang bersaing mengejar posisi dan penghasilan tinggi. Karena itu, mereka sering menghalalkan segala cara termasuk berperilaku buruk. Jangan pernah mencoba meniru perbuatan demikian. Kamu harus berkompetisi secara sehat supaya hasilnya juga maksimal.

Baca juga: Tips Menghadapi Rekan Kerja Pemalas

Membangun Hubungan Baik dengan Atasan

Atasan punya peran penting dalam perkembangan karier karyawan. Pasti Kamu perlu membina hubungan baik agar reputasi tidak tercoreng. Ketika Kamu sudah berhasil menunjukkan kinerja berkualitas, bukan mustahil atasan dapat membantu meningkatkan posisi Kamu dari karyawan lain.

Tidak perlu Pelit Berbagi Pengetahuan

Walau kamu ingin memberikan yang terbaik dalam pekerjaan kamu dalam hal bersaing dengan rekan kerja. Bukan berarti menjadikan kamu pribadi yang pelit ilmu, apalagi jika kamu berada pada kondisi sedang mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan kerja tim.

Memberikan masukan dan ilmu untuk bisa memberikan performa terbaik, yang nantinya terlihat dari hasil kerja yang memuaskan. Bahkan bukan tidak mungkin atasan melihat sisi bijak kamu dalam berbagi ilmu merupakan hal yang positif dan berpengaruh lebih terhadap karier kamu selain kualitas pekerjaan.

Menjadi Pendengar yang Baik

Kamu memang bersaing, tapi bukan berarti tidak menghargai perbedaan dan cara pandang. Apalagi saat sedang berdiskusi untuk mendapatkan solusi terbaik, menjadi pendengar yang baik dan menghormati perbedaan lalu membahasnya lebih lanjut. Merupakan perilaku ideal membangun persaingan yang sehat.

 

 

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.