Berpikir out of the box atau think out of the box secara sederhana dimaknai sebagai mencoba pendekatan dan cara-cara baru dan inovatif; berbeda dari yang biasa dilakukan. Pendekatan itu diperlukan untuk menemukan ide-ide segar yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. 

Tapi, bagaimana melakukannya? Bagaimana kita mengembangkan kemampuan untuk menghadapi masalah dengan cara yang tak biasa? Seseorang dengan cara berpikir out of the box ini sangat di butuhkan di dunia kerja, apalagi bagi yang menginginkan bekerja di perusahaan startup. Untuk memiliki keterampilan istimewa ini, ada perubahan perilaku yang perlu dilakukan. Apa saja itu?

Berhenti menyalahkan, mulailah mengambii tanggung jawab

Orang yang biasa berpikir out of the box  cepat mengambil tindakan dan siap bertanggung jawab atas tindakannya.  Seringkali dianggap aneh, bahkan ditertawakan ketika datang dengan ide-ide yang tak biasa.

Sementara orang takut dibilang ‘gila’ ia malah suka berteman dengan ‘kegilaan’. Meskipun begitu, karena hal ini kamu bisa melatih mental kamu untuk bisa mengatur mind mapping kamu agar bisa menciptakan ide yang segar dan dapat membuat inovasi yang luar biasa.

Berhenti Komplain, mulailah berorientasi pada solusi

Sedikit-sedikit mengeluh, kemudian protes. Selalu mencari celah yang bisa membuatnya melontarkan ganjalan adalah ciri kebanyakan orang yang tak memiliki tujuan. Orang yang berpikir out of the box biasanya fokus pada upaya mencari solusi yang paling tepat dari setiap permasalahan. Bagi dia, persoalan ibarat sebuah teka-teki yang perlu dipecahkan, bukan untuk dikeluhkan.

Berhenti defensif, mulailah proaktif

Bertahan dari serangan mungkin pilihan paling aman. Tapi itu sesungguhnya menunjukkan sikap pasif dan ketidakberdayaan. Untuk bisa menghasilkanide yang cemerlang, kita harus berani keluar dari zona nyaman. Keluarlah dari rutinitas dan buatlah terobosan.

Berpandangan Terbuka dan penuh rasa ingin tahu

Tidak merasa paling benar sendiri dan terbuka terhadap pandangan baru adalah ciri orang yang berpikir out of the box. Rasa keingintahuan yang  besar mendorongnya untuk mencari cara atau pendekatan yang dilakukan banyak orang untuk mendapatkan informasi.

Ia tidak pernah puas hanya dengan satu jawaban dan akan terus mencari dan mencari hingga rasa ingin tahunya terpuaskan. Ia juga sangat suka mempelajari ilmu-ilmu baru agar dapat menunjang kemampuannya dalam meningkatkan kreativitas dan mengimplementasikannya menjadi sebuah inovasi. Dari situ kemudian lantas lahir ide-ide segar dan inovasi baru yang bermanfaat.