Nggak kerasa bulan puasa segera berakhir ya, Pintarian! Di Hari Raya Idul Fitri ini, banyak hal yang harus dibatasi dan dijaga demi kesehatan. Karena makanan saat Hari Raya sangat menggugah selera sekaligus sumber dari lemak berlebih, yuk pilah-pilih menu dan perhatikan caranya agar tetap sehat.

  1. Batasi Porsi Makan

Hidangan opor ayam, rending daging, dan sayur ketupat memang nggak bisa dihindari! Tapi kalau dimakan dengan porsi berlebih bisa membuat tubuh kamu nggak sehat loh. Cobalah makan dengan porsi sedikit dan tidak kalap mata. 

  1. Jangan Lupa Sayur dan Buah

Imbangi makanan berlemak dan bersantan dengan mengonsumsi sayur serta buah. Kedua makanan ini kaya akan serat sehingga dapat mengimbangi kolesterol dalam tubuh, juga dapat melancarkan sistem pencernaan. 

  1. Kurangi Minuman Manis

Hindari terlalu banyak minum soft drink atau minuman manis. Perbanyak air putih sebagai penetralisir makanan bersantan di dalam tubuh. 

  1. Jangan Kalap Lihat Kue Lebaran

Rata-rata kue-kue dan snack khas Lebaran mengandung gula, lemak, karbohidrat, dan kalori tinggi. Dengan membatasi konsumsi makanan jenis ini, kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik. 

  1. Ganti Cara Masak

Daripada menggunakan minyak biasa atau mentega, pilihlah minyak zaitun. Hidangkan juga makanan yang diolah dengan cara direbus, kukus, atau dibakar tanpa minyak. 

  1. Konsumsi Penawar Lemak

Jus jeruk atau kopi hitam adalah minuman yang dapat menetralisir lemak di dalam tubuh. Kedua minuman tersebut dapat kamu konsumsi setelah kamu menikmati aneka makanan yang kaya lemak. 

  1. Terus Aktif Bergerak

Setelah makan, jangan langsung tidur atau bermalas-malasan. Lakukan aktivitas ringan seperti berjalan-jalan kecil, main dengan keponakan, atau bantu merapikan meja makan. Aktivitas ringan seperti ini sangat bermanfaat untuk membakar kalori di dalam tubuh.

Dengan menerapkan ketujuh tips di atas, perayaan Lebaran kamu akan terasa lebih sehat dan jauh dari penyakit-penyakit yang mengincar. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri!