Bikin CV Makin Menarik, Siapkan Hal ini Dulu

Melamar pekerjaan membutuhkan CV atau Curriculum Vitae sebagai syarat awal untuk kamu bisa masuk tahap wawancara atau tes masuk kerja.  Nah, dengan pentingnya CV untuk menjadi penentu untuk kamu mendapatkan panggilan kerja. Maka dibutuhkan beberapa hal tambahan agar CV kamu terlihat menonjol dibandingkan yang lainnya.

Pintarian, apabila kamu sedang berjuang mencari pekerjaan. Tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa hal ini, agar CV kamu lebih menjual di mata perusahaan yang kamu lamar.

Mengikuti Workshop atau Seminar

Sambil menunggu panggilan kerja, manfaatkan waktu senggang yang kamu miliki untuk mengikuti workshop atau seminar yang dapat mendukung dunia kerja kamu kelak atau setidaknya yang membuatmu merasa tertarik untuk mempelajarinya.

Karena dengan semakin banyak ilmu yang kamu miliki melalui workshop atau seminar. Maka CV kamu akan semakin tebal dengan rangkaian sertifikat yang membuat perusahaan terkesan. Dan menganggapmu sebagai pribadi yang memiliki banyak kemampuan dan ilmu.

Menulis Pengalaman Kerja

Bila kamu seorang fresh graduate, hal ini memang tidak memungkinkan. Tapi bukan berarti tidak mungkin, kamu mengawalinya dengan magang terlebih dahulu.

Walau secara pekerjaan dan pemasukan tidak sama dengan orang yang memang diterima sebagai karyawan. Tapi dengan pengalaman tersebut, bisa menambah nilai lebih kamu sebagai pelamar pekerjaan yang setidaknya sudah tidak terlalu asing dengan dunia kerja.

Mengikuti Berbagai Kegiatan Sosial

Hal ini juga bisa kamu tambahkan ke dalam CV kamu.  Sekaligus menjadi kegiatan positif yang kamu lakukan di waktu kosong selama kamu mencari kerja.

Dengan mengikuti kegiatan sosial, seperti relawan bencana alam, mengajar di panti asuhan, atau mengikuti aktivitas menjaga kelestarian lingkungan. Kamu akan terlihat sebagai sosok yang peduli dan memberikan kesan karakter kamu yang baik.

Ikut Organisasi Kampus

Untuk poin yang ini dikhususkan bagi kamu yang masih kuliah. Coba untuk bergabung di beberapa organisasi kampus yang melatihmu untuk bekerjasama dan bertanggung jawab atas setiap tugas yang diberikan. Sehingga pada saat kamu lulus dan membuat CV, mencantumkan keterlibatan kamu di dalam organisasi. Memberikan kesan positif bagi kamu sebagai pribadi yang sudah terbiasa menjalani tanggung jawab secara tim maupun individu.

Baca juga:5 Contoh Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Temukan Keahlian dan Minat Kamu

Saat kamu memiliki waktu luang,  Ini saatnya kamu mencoba mencari minat atau membuat keahlian kamu agar lebih baik. Seperti mengikuti kursus atau pelatihan yang membuat menjadi lebih baik secara kemampuan.

Dan untuk kursus dan pelatihannya, tidak harus sesuai dunia kerja kok Pintarian. Walau bisa menjadi poin plus untuk ditambahkan di CV kamu. Dengan mengikuti kursus yang memang kamu minati seperti belajar alat musik atau memasak, bisa saja akan membuka inspirasi kamu untuk justru menjalani usahamu sendiri.

Ikutan Program Kartu Prakerja

Di masa seperti saat ini, ada solusi lain yang juga bisa kamu coba, yaitu dengan mendaftarkan diri kamu untuk mengikuti program kartu prakerja. Melalui program dari pemerintah ini, kamu mendapatkan kesempatan bisa mendapatkan insentif sebesar Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan.

Dan yang semakin membuat program tersebut istimewa adalah kesempatan kamu untuk mendapatkan kursus atau pelatihan dari mitra resmi pemerintah, salah satunya adalah Pintaria yang memiliki pelatihan cepat, mudah, dan bermanfaat sebagai upaya untuk pengembangan potensi dan kemampuan kamu.

Bila kamu berminat, untuk informasi lebih lanjut. Kamu bisa klik disini.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.