Setelah lulus perguruan tinggi, kamu pasti termasuk salah satu diantaranya banyak individu yang mencoba mencari pekerjaan. Hanya saja, untuk bisa mendapatkannya bukanlah hal yang mudah. Apalagi di situasi seperti saat ini, dimana kondisi pandemi COVID-19 telah menghasilkan dampak buruk di dunia kerja.

Dengan banyaknya pemutusan hubungan kerja atau PHK yang terjadi. Menjadikan persaingan mendapatkan pekerjaan semakin ketat, yang bisa memungkinkanmu untuk belum bisa mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang lama.

Efek buruknya, kamu bisa merasakan stres yang bisa berakibat buruk terhadap kesehatan mental dan fisik kamu kelak. Pintarian, untuk menghindari dan menghilangkan stres. Pintaria punya beberapa hal yang bisa kamu lakukan nih, 5 cara agar kamu terhindar dari stress. Ini dia diantaranya:

Jauhkan diri dari media sosial

Hal ini cukup penting kamu lakukan untuk mencegah kamu merasa cemas dan depresi. Jauhkanlah dirimu dari media sosial yang bersifat pamer. Sebab jika masih melihat media sosial, kamu pun akan cenderung membandingkan dirimu dengan orang lain yang sudah memiliki pekerjaan. Pikiran inilah yang nantinya akan memicu stres dan membuatmu tidak percaya diri.

Cari kesibukan yang kamu sukai

Mencari pekerjaan terus menerus setiap hari dapat menimbulkan perasaan jenuh dan bosan yang akhirnya menimbulkan stres. Agar hal ini tidak terjadi, kamu bisa mencari kesibukan yang sesuai dengan hobimu. Misalnya, jika kamu senang melukis, kamu bisa pergi ke tempat-tempat indah yang bisa menginspirasimu. Luangkanlah waktu untuk melakukan hobimu disela waktu mencari kerja. Melakukan hobi akan membantu pikiranmu menjadi rileks dan terhindar dari rasa jenuh.

Baca juga:Tips Cerdas Mengatur Keuangan Saat Kena PHK

Berpikir positif

Jangan terlalu fokus melihat kesuksesan orang lain yang sudah mendapatkan pekerjaan. Kamu tidak perlu merasa gagal karena membandingkan diri dengan orang lain. Tanamkan pada pikiranmu bahwa segala sesuatu membutuhkan proses. Mereka yang sudah mendapat pekerjaan pun pasti melewati proses. Oleh karena itu, jangan putus asa dan menyerah. Pikirkanlah bahwa usahamu tidak akan menghianati hasil.

Diskusi dengan keluarga atau sahabat

Tidak semua hal harus kamu pendam sendiri. Saat sedang merasa stres, cobalah untuk menceritakan keluh kesahmu pada keluarga atau sahabatmu. Diskusikan dengan mereka bagaimana cara untuk mengatasi segala pikiran negatif atau tekanan yang kamu rasakan. Dengan melakukan cara yang satu ini, perasaanmu pun akan lebih lega dibandingkan menyimpannya sendiri. Mereka bisa memberikan saran maupun nasihat yang membuat pikiranmu jadi positif dan kembali semangat.

Olahraga

Saat kamu stres yang disebabkan oleh naiknya hormon kortisol dan epineprin. Dengan berolahraga maka akan meningkatkan hormon lainnya yang menjadi antidepresan. Dari laman kompas, dalam sebuah penelitian yang melibatkan 49 wanita yang sedang mengalami stres berat.

Diberikan aktivitas olahraga  selama 8 minggu berturut-turut. Hasilnya terdapat penurunan stres secara signifikan. Bahkan hasil tes psikologi yang dilakukan, tingkat stres yang dialami bahkan ada yang hilang.