Menjadi pintar tak harus menghapal. Bermodal  daya ingat yang kuat kamu bisa menguasai materi pelajaran dengan mudah.

Sejak kecil kita sudah dicekoki dengan pelajaran menghapal. Sejarah, rumus matematika, biologi, dan lainnya. Kebiasaan ini menjadikan kita hanya pintar teori, namun minim penerapan. Mirip robot yang tidak punya pemikiran sendiri, hanya bergerak berdasarkan instruksi.

Namun, di era digital sekarang ini, metode pembelajaran jadi lebih mudah. Sekolah tidak harus selalu berada di dalam kelas. Materi pelajaran tidak harus kamu dapatkan dari buku teks yang kaku. Materi bisa kamu dapat darimana saja, dan teknik belajar bisa dilakukan dengan cara yang lebih kreatif, seperti:

  1. Ingat keyword

Menyerap materi pelajaran dengan cara menghapal memang akan membuat otak kamu penuh. Alih-alih ingat, ketika ujian seringkali yang terjadi kamu malah  lupa semua materi yang kamu hapalkan semalaman. Karenanya hindari menghapal kalimat per kalimat, tapi ingatlah beberapa kata kunci (keyword)-nya. Dengan menyimpan keyword kamu jadi mudah memilih dan menentukan pemakaiannya dalam soal-soal ujian.

  1. Bayangkan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Jika studi kasus yang kamu gunakan bukan berasal dari pengalaman kamu sendiri, cobalah bayangkan petunjuk-petunjuk dari keyword tersebut, kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kamu diminta menghapal kalimat “Ibu membeli 1 mangkuk bakso, 3 mangkuk mie ayam, 1 botol sirup dan 2 air mineral.” Menghapalkan kalimat ini tidak mudah, tapi coba bayangkan kamu sedang berada di rumah, kamu melihat di meja makan ada  1 mangkok bakso, 3 mangkuk mie ayam, serta 1 botol sirup dan 2 air mineral di dalam lemari es. Dengan cara ini kamu akan lebih mudah mengingatnya. Semakin kreatif gambaran kamu, maka akan semakin mudah kamu mengingatnya.

  1. Teman diskusi

Ajaklah satu atau dua teman untuk mendiskusikan materi yang kamu pelajari. Diskusi bisa dilakukan lewat tatap muka atau chatting. Biasanya dari diskusi seperti ini, pelajaran bisa cepat kamu kuasai ketimbang kamu belajar sendiri.  

  1. Manfaatkan internet

Kamu bisa memanfaatkan teknologi agar aktivitas belajar lebih maksimal. Di internet banyak materi pelajaran yang bisa kamu akses, mulai dari materi e-book, grafis, film, video, dan lainnya yang mudah dipahami.

    6.Terapkan teknik podomoro

Jika kamu sulit konsenstrasi, coba lakukan teknik podomoro. Teknik ini diciptakan oleh Francesco Cirillo. Dalam bahasa Italia, podomoro berarti tomat. Teknik Podomoro merupakan aplikasi dari hasil penelitian bahwa manusia bisa mencapai fokus terbaiknya selama kurang lebih 25 menit. Penerapan teknik ini mudah, lho. Sediakan timer. Lalu set timer kamu selama 25 menit. Nah, selama 25 menit ini, kerahkan konsentrasi kamu pada materi pelajaran. Setelah 25 menit, berhenti sejenak dan selingi dengan kegiatan lain selama 5-10 menit. Setelah itu kamu bisa melanjutkan lagi belajar selama 25 menit berikutnya.

  1. Sistem cicil

Sistem belajar kebut semalam bukanlah cara belajar yang efektif untuk menguasai materi pelajaran. Cobalah lakukan secara bertahap, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Agar materi tidak cepat menguap, luangkan waktu 1-2 jam setiap hari untuk mengulang materi, lalu luangkan waktu untuk mengulanginya lagi sekitar 30 menit di keesokan harinya. Penelitian membuktikan, mengulang-ngulang materi pada hari yang sama terbilang tidak efektif. Jadi sebaiknya jika kamu merasa telah menguasai materi tersebut, stop saja, dan ulangi keesokan harinya.