Baru Lulus, Simak Cara Tepat Memilih Karir Sesuai Harapan Kamu

Mengawali karir di dunia kerja merupakan pengalaman baru selepas kamu lulus sekolah, kuliah, ataupun blended learning. Akan tetapi untuk mencari dan mendapatkannya, tidak mudah, karena kamu harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang untuk posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

Bila kamu berada di situasi yang membingungkan, mengenali langkah yang harus kamu ambil untuk melamar pekerjaan. Jangan asal melamar ke semua posisi yang ada, dengan hanya berlandaskan ingin kerja semata.

Pintaria punya beberapa tips nih, sebelum kamu mengawali melamar kerja ke beberapa perusahaan. Biar kamu nanti lebih siap untuk menghadapi segala tantangan dan semangat menjalaninya. Kenali Kemampuan dan Bakat yang Kamu Miliki

Setiap orang pasti memiliki minat dan bakat yang berbeda. Tips pertama untuk memilih pekerjaan yang tepat adalah dengan mengenali apa saja kemampuan dan bakat yang kamu punya. Buat list kemampuan dan bakat yang kamu miliki mulai dari yang paling kamu kuasai. Kalau kamu masih kurang yakin, kamu bisa mengikuti test karier atau tes minat dan bakat

 

Kenali Kepribadianmu

Selain memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda, tiap individu juga memiliki kepribadian masing-masing. Ada yang mudah beradaptasi dan ada juga yang tidak. Ada tipe yang terbuka dan ada tipe yang tertutup. Mengetahui karakter dirimu sendiri juga penting sebelum memutuskan karir yang ingin kamu jalani.  

Buat kamu adalah seorang introvert, mungkin bisa memilih untuk bekerja di belakang layar atau pekerjaan yang tidak terlalu banyak berinteraksi dengan orang lain. Kalau kamu nekat untuk memilih karir yang tidak sesuai dengan kepribadianmu, bisa-bisa kamu tidak akan merasa nyaman saat bekerja.

Jangan Terlalu Tergiur Gaji

Segalanya memang membutuhkan uang. Maka dari itu, siapa sih yang enggak mau punya gaji tinggi? Tapi sebaiknya jangan hanya memandang pekerjaan dari gaji yang ditawarkan saja. Meskipun gaji yang akan kamu dapatkan besar, jika tidak sesuai dengan passion yang kamu miliki, tentu kamu tidak akan merasa nyaman dan senang dengan pekerjaan itu. Gaji bukanlah segalanya. Sebab, untuk fresh graduate lebih membutuhkan pengalaman yang banyak dan berkualitas untuk menunjang karirmu di masa depan.

 Jangan Ikut-Ikutan Teman

Ini adalah tips yang paling penting untuk kamu ikuti! Jangan pernah memilih karir hanya karena ikut-ikutan teman. Kamu harus punya target dan prinsip sendiri ketimbang hanya mengikuti teman. Bekerja bersama seseorang yang telah kita kenal baik memang pastinya menyenangkan. Tapi, kalau kemampuan yang kamu miliki tidak sesuai, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mengikuti karir temanmu.

 

Dengan memahami beberapa tahap tersebut, diharapkan kamu tidak lagi merasa bingung dalam memilih jenis pekerjaan seperti apa yang kamu inginkan, meski pun baru lulus sekolah, kuliah, atau blended learning

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.