Mark Zuckerberg, pendiri Facebook bilang: “Misi kami adalah membuat dunia semakin terbuka dan terhubung. Caranya adalah dengan membuat orang bisa berbagi apa saja, dengan siapa saja dan di mana saja.” Intinya, membangun jejaring itu penting banget. Dan kamu perlu melakukannya sekarang juga.

Lingkaran Keluarga

Mulailah dari yang paling dekat. Jangan remehkan keluarga dan pertemanan. Ini adalah kunci membangun jejaring yang kuat dan hebat. Jaga hubungan baik dengan teman, kerabat dan saudara. Bayangkan bila kamu berteman dengan teman dari teman, teman dari saudara, saudara dari teman, begitu seterusnya. Lingkarannya akan terus berkembang. Sekali kamu memiliki reputasi baik dalam lingkungan keluarga dan pergaulan, rekomendasi akan mengalir ibarat air. Itu sebabnya kita disarankan untuk rajin menjaga silaturahmi. Jadi jangan malas kalau diajak datang ke pertemuan keluarga atau acara reuni, ya!

Bergabung Dalam Komunitas

Pada dasarnya orang senang bergabung dengan orang lain yang memiliki ketertarikan sama akan suatu hal. Makanya dengan mudahnya komunitas terbentuk. Kamu suka berkebun, hobi masak, gemar bersepeda atau lari, kamu bisa bergabung dengan komunitas yang beranggotakan orang-orang dari seluruh penjuru dunia. Bahkan ada komunitas yang dibentuk hanya karena memiliki nama yang sama. Awalnya mungkin hanya membahas hobi atau kepedulian yang sama akan satu hal. Tapi dari situ kemudian hubungan bisa berkembang ke mana-mana. 

Datang ke Seminar

Yah, ikut seminar, serius amat. Itu mungkin yang terpikir di benak kamu ketika diajak menghadiri seminar. Wait, jangan antipati dulu. Di masa lalu, seminar mungkin identik dengan kumpulan orang-orang serius yang membahas hal-hal berat saja. Di masa kini, tema seminar beraneka rupa, mulai dari yang serius hingga santai. Atau kombinasi keduanya. Yang menarik dari datang ke seminar adalah, orang-orang yang hadir umumnya berniat memperluas jejaring, selain untuk menambah wawasan. Jadi ini memang tempat yang tepat bila kamu ingin menambah daftar relasi kamu.

Coworking Space

Hangout atau numpang kerja di kafe atau tempat ngopi mungkin kamu sering. Sesekali tak ada salahnya datang ke coworking space. Di tempat seperti ini orang umumnya membuka diri untuk kolaborasi atau peluang bekerja sama. Menarik untuk dijajaki kan?

Aktif di Media Sosial

Jangan cuma aktif komen atau sharing hal-hal nggak penting. Jadikan media sosial seperti apa yang dicita-citakan Mark Zuckerberg tadi, supaya kamu punya jejaring sosial yang bermanfaat.  Daripada buang-buang kuota untuk debat kusir atau menyebarkan hoax, mendingan dipakai untuk hal yang bermanfaat dan menguntungkan.