Kemajuan teknologi semakin pesat seiring semakin tingginya tingkat pendidikan. Kecanggihan teknologi ciptaan manusia sudah mampu menggantikan beragam fungsi yang semula harus dikerjakan secara manual. Automation atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai otomasi adalah suatu sistem yang memungkinkan pekerjaan dapat selesai dengan lebih mudah serta efektif dan efisien. Suatu sistem otomasi tersusun atas 3 komponen utama yaitu alat/mesin, sistem kontrol, serta teknologi informasi. Dalam skala produksi besar, sistem otomasi dapat membantu menciptakan proses produksi yang efisien dan hemat tenaga kerja. Tenaga kerja manusia dapat digantikan dengan operasional mesin melalui otomasi robot.

Penggunaan Robot dalam Industri dan Nilai Plusnya bagi Perusahaan

Perkembangan teknologi ini tidak bisa dihentikan, manusia pada akhirnya harus menyesuaikan diri dengan perubahan zaman yang serba canggih. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi ini adalah munculnya sistem otomasi. Salah satu bentuk otomasi ini dilakukan dengan bantuan robot. Robot ini dapat mengerjakan suatu tindakan dengan cara diprogram terlebih dahulu. Penggunaan robot saat ini sudah banyak dimanfaatkan oleh industri-industri guna optimisasi produksi karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan sistem manual. Beberapa kelebihan robot untuk industri ini adalah :

  • Lebih efisien dan efektif

Penggunaan robot dapat membuat produksi menjadi jauh lebih efisien. Segala hal terkait bahan baku dan hasil produksi akan terhitung dan terlaksana dengan tepat sesuai dengan program yang diberikan sehingga dapat memaksimalkan hasil yang diperoleh.

  • Hemat tenaga kerja

Sistem yang serba otomatis tentu membuat tenaga manusia tidak lagi dibutuhkan dalam jumlah besar. Meskipun investasi robot di awal cukup menguras kantong, biaya produksi tetap dapat ditekan dengan berkurangnya pengeluaran untuk gaji tenaga kerja per bulannya.

  • Hasil pekerjaan lebih seragam sehingga kualitas terjaga

Robot juga dapat meningkatkan kualitas hasil produksi. Robot yang terprogram dan beroperasi dengan baik akan melakukan pekerjaannya secara tepat. Hal ini akan menghasilkan produk dengan seragam sehingga kualitas produk juga dapat dipertahankan. Jika produksi dilakukan dengan tenaga manusia maka ada kemungkinan hasil produk yang dihasilkan berbeda antar tiap pekerja yang membuat kualitas tidak seragam.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menyikapi Kemajuan Teknologi

Dibalik kecanggihannya yang mempermudah pekerjaan manusia, ada pula sisi negatif dari fenomena otomasi ini. Dari sisi sosial, penggunaan otomasi robot pada industri dapat mengurangi lapangan pekerjaan. Di era serba otomatis seperti sekarang tenaga manusia sudah menurun nilainya. Manusia lebih dihargai karena otak dan hasil pemikirannya karena tenaga manusia sudah bisa digantikan oleh mesin otomatis. Hal ini membuat manusia harus lebih berpikir keras untuk dapat tetap bertahan di dunia kerja.

Biaya pendidikan yang tidak murah banyak menjadi kendala yang pada akhirnya menghasilkan anak-anak putus sekolah yang berakhir menjadi buruh atau pekerja kasar. Pekerja-pekerja yang mengandalkan tenaga ini keberadaannya semakin terancam dengan adanya sistem otomasi industri. Salah satu yang dapat dilakukan untuk menghadapi kondisi ini adalah dengan investasi pendidikan yang tepat. Invenstasi di bidang pendidikan ini dapat menghasilkan sumber daya manusia yang andal dan mumpuni di bidangnya. Pendidikan yang diperoleh dengan maksimal dapat membuat sumber daya manusia kaya akan pengetahuan, keterampilan serta keahlian yang dapat diaplikasikan pada dunia industri. Ide-ide yang inovatif serta kemampuan memecahkan masalah dengan baik akan dapat diperoleh dari proses pendidikan yang telah dilalui.

Menjawab tantangan ini, Pintaria hadir untuk membantu menghasilkan sarjana-sarjana di berbagai bidang. Dengan harga yang terjangkau dan pilihan waktu yang fleksibel, Pintaria menghadirkan kuliah dengan metode Blended Learning dan kursus online bagi orang-orang yang terus belajar kemampuan baru meskipun saat ini sudah bekerja. Untuk tahu selengkapnya mengenai Pintaria, Anda bisa langsung mengunjungi website Pintaria.com.