Program kartu Pra Kerja resmi diluncurkan! Bagi kamu yang beminat untuk menjadi bagian yang akan mendapatkan pelatihan dari Pintaria senilai RP 1 juta dan insentif hingga Rp2,5 juta. Inilah kesempatan kamu untuk mendaftarkan diri di www.prakerja.go.id.

Nah,bila kamu sudah mendapatkan kartu Pra Kerja dan ingin mencoba pelatihan secara gratis dari Pintaria. Ada baiknya kamu untuk menyimak beberapa skill atau kemampuan yang tepat untuk dipelajari, khususnya di era digital.

Mau tahu apa saja? Simak Pintarian, deretan skill yang banyak diminati dan dicari perusahaan:

Bahasa Inggris

Tidak dapat dipungkiri kalau pada saat ini, perusahaan lebih banyak mencari seseorang yang memiliki skill berbahasa Inggris yang mumpuni. Oleh karena itu, penting untukmu mengasah kemampuan yang satu ini. Jika kamu sudah fasih berbicara atau menulis dalam bahasa Inggris, tentunya kamu akan lebih percaya diri ketika melamar pekerjaan. Sebenarnya, mengasah kemampuan bahasa Inggris bukanlah sesuatu yang sulit. Alasannya karena kamu bisa mempelajarinya melalui Youtube ataupun film-film Hollywood. Namun, jika kamu ingin lebih mengasah kemampuan berbahasa Inggris secara mendalam, kamu bisa mengikuti kursus.

Baca Juga: Lulusan SMA, Ini Dia Pilihan Karir yang Bisa Kamu Coba

Mengedit foto dan video

Saat ini, banyak sekali bidang pekerjaan yang mulai beralih ke digital. Misalnya saja saat ini, media-media cetak pun mulai beralih ke media online. Melalui digital, semua bisa diakses dengan mudah, kapanpun dan dimanapun. Di era digital seperti sekarang ini, media-media seperti Youtube, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya tentunya sangat membutuhkan foto maupun video. Nah, skill yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan adalah mengedit foto dan video.

Untuk mengedit foto dan video, dapat dilakukan melalui software seperti Photoshop, Final Cut Pro, dan Adobe Premiere. Cobalah asah skill-mu dalam menggunakan software ini. Agar kelak ketika ingin melamar pekerjaan, kamu memiliki skill yang dapat kamu “jual” kepada perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang mencari seorang editor juga cukup banyak sehingga kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan pun bisa lebih luas.

Public speaking

Memiliki kemampuan public speaking juga sangat diperlukan. Kebanyakan orang mungkin meremehkan skill yang satu ini. Padahal, kenyataannya berbicara di hadapan banyak orang tentu bukan sesuatu yang mudah. Jika tidak terbiasa, bisa saja timbul rasa nervous sehingga membuat seseorang menjadi terbata-bata saat ingin berbicara di depan umum. Hal ini pun tentu dapat membuat orang kehilangan minat untuk mendengarkan apa yang sedang disampaikan.

Tentunya, skill yang satu ini tidak bisa didapatkan dalam pelajaran formal. Oleh karena itu, biasakanlah dirimu untuk berbaur dengan banyak orang. Miliki rasa percaya diri agar tidak mudah merasa tegang saat berbicara di depan orang lain. Skill ini akan sangat membantumu di dunia kerja nanti. Pada saat bekerja, kamu bisa saja akan meeting dengan klien, melakukan presentasi kerja, atau pun ketika melakukan interview kerja.

Design Graphic

Selain kemampuan mengedit foto dan video, design graphic juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. Kemampuan design inilah yang dapat menunjang keberhasilan pemasaran suatu perusahaan. Tugas utama seorang design graphic sendiri adalah menjadikan komunikasi verbal menjadi komunikasi visual agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan mudah oleh konsumen. Bidang yang satu ini mungkin akan cocok untuk kamu yang hobi menggambar. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk mengasah skill dibidang design graphic ini.

Keahlian SEO

Keahlian memahami SEO atau Search Engine Optimization juga merupakan skill yang penting untuk ditingkatkan pada era digital saat ini. Perusahaan-perusahaan pun banyak yang mencari pekerja yang ahli dibidang ini. Pekerjaan seorang ahli SEO adalah mampu menganalisis keyword-keyword yang dibuat pada website atau postingan lainnya agar bisa masuk dan menduduki halaman utama mesin pencarian seperti Google. Jika postingan perusahaan tersebut berhasil menduduki halaman utama Google, maka semakin besar kemungkinan perusahaan tersebut semakin dikenal oleh banyak orang.