Anak muda di zaman now semakin kreatif dalam berekspresi. Tidak hanya lewat foto, suara, dan berbagai karya seni lainnya, ternyata materi video juga menjadi salah satu andalan dalam menyalurkan ekspresi sekaligus kreativitas.

Tak sedikit lho bentuk materi video ini menghiasi laman media sosial kita. Kalau nggak percaya, coba deh liat semua aplikasi media sosial yang kamu gunakan. Pasti ada saja materi video yang terselip atau sengaja ditempatkan si dalamnya.

Nah meski begitu, tak banyak yang tahu bahwa untuk membuat video yang bagus, ada beberapa aplikasi video pendukung yang pastinya akan memudahkan kamu. Awalnya, aplikasi TikTok menjadi salah satu favorit anak muda. Dengan TikTok, kita bisa berekspresi dengan efek gambar dan suara yang canggih. Sayangnya, TikTok diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen-Kominfo) di Indonesia.

Akan tetapi, TikTok bukan satu-satunya aplikasi edit video yang menarik dan kreatif lho! Kali ini kita akan melihat aplikasi kreatif lainnya untuk membuat dan editing video pendek.

Vigo Video

Untuk membuat video berdurasi pendek, anak muda zaman now kini sering mengandalkan aplikasi yang satu ini. Salah satu kelemahannya adalah dengan Vigo Video, kreativitas kamu harus dibuat hanya dalam durasi maksimal 15 detik. Meski singkat namun tak sedikit para pengguna memanfaatkan aplikasi video ini untuk merekam hal-hal lucu lho..

LIKE

Pada 2017, aplikasi edit video yang memiliki efek khusus dan platform sosial LIKE ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi paling popular, terbaik dan paling menghibur. Tak heran, sejak saat itu penggunanya semakin bertambah banyak. Penghargaan yang diberikan oleh Google Play ini ditentukan oleh sejumlah unduhan sebagai aplikasi paling popular.

Jika kamu ingin menjadi vlogger, maka kamu harus punya aplikasi video editing ini. Selain mudah di gunakan, video hasil rekaman kamu akan lebih bagus pastinya. Jangan lupa juga untuk membuat video terbaik kamu yang semenarik mungkin untuk video competition dari Pintaria ya!

Kwai GO

Aplikasi yang satu ini mulai semakin populer di kalangan anak muda. Terutama karena kualitas yang dihasilkan cukup bagus, namun juga ada kemungkinan kamu bisa menambah penghasilan dengan aplikasi ini karena mereka mengeluarkan mata uang digital yang disebut Kwai Koin. Selain membuat video kreatif, kamu juga akan mendapatkan penghasilan tambahan dari Kwai Koin lho. Gak heran deh kalua banyak vlogger-vlogger yang juga dapat pendapatan dari sini.

Quick

Aplikasi video yang lainnya adalah Quick. Bagi yang lebih suka mengedit video kreatif mereka di smartphone, aplikasi ini cukup simple dan mudah. Sesuai dengan namanya, mengedit video disini tidak membutuhkan waktu lama, apalagi untuk video dengan durasi yang pendek. Dalam sekejap video kamu akan langsung jadi lho, tak heran kalau aplikasi ini juga menjadi yang favorit di download oleh pengguna Smartphone Android Play Store.

Kine Master

Kine Master merupakan aplikasi edit video yang juga banyak di gunakan oleh pengguna smartphone, android maupun ios. Fitur yang lengkap dengan berbagai efek transisi yang cukup keren menjadikan Kine Master sering di gunakan.

Tak hanya itu saja, penambahan teks yang bervariatif dan juga bisa memotong klip dalam sebuah video selalu menjadi andalan aplikasi ini untuk menarik user download nih. Pokoknya canggih dan lengkap deh, bisa juga untuk mengedit video kreatif kamu yang ikut serta dalam video competition di Pintaria lho!

Nah Pintarian, setelah kita membahas daftar Aplikasi-aplikasi ini, ada tips yang mudah buat kamu yang mau ikutan kompetisi video pendek yang diadakan oleh Pintaria nih.

Pertama; siapkan konsep yang jelas yang akan kamu usung. Banyak orang membuat video tanpa konsep yang jelas sehingga hasilnya kurang berbobot. Dengan konsep yang rapi, kamu akan bisa menyalurkan kreativitas dengan maksimal, sehingga hasilnya pun baik.  

Kedua; dari konsep yang sudah dibuat rapi dan detail, kamu harus tentukan durasi, materi, dan elemen pendukung lainnya untuk membuat video kreatif yang menarik. Tentu saja dalam hal ini kamu juga perlu menentukan peralatan seperti kamera, atau smartphone dengan kualitas resolusi yang baik nih. Gunakan juga aplikasi video yang bisa membuat video kamu semakin kece pastinya.

Ketiga; belajar dari vlog yang muncul mula-mula di sekitar tahun 2005, video pendek akan menarik bagi penonton seandainya terkoneksi atau terpublikasi dengan baik. Nah, di sinilah peran media sosial menjadi penting. Kamu perlu merencanakan saluran publikasi yang tepat untuk video kamu, biar banyak ditonton banyak orang.

Nah Pintarian, yuk ciptakan ide-ide kreatif kamu dalam kompetisi video pendek yang diselenggarakan oleh Pintaria, banyak hadiah menarik lho! Jangan sampai ketinggalan ya.. Daftar Disini.