Di masa karantina seperti saat ini, kamu termasuk yang rajin olahraga kah? Harus donk, karena dengan olahraga, maka imun atau kekebalan tubuh kamu akan semakin baik. Akan tetapi, apakah kamu juga melakukan jenis olahraga untuk otak?

Walau jarang terdengar, jika dibandingkan dengan olahraga untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh. Olahraga atau aktivitas yang ditujukan untuk otak, tidak kalah penting untuk kamu lakukan. Karena kelak akan banyak memberikan efek positif saat ini dan masa depan. Khususnya menghindari kamu dari kepikunan dini hingga gejala demensia. Dan pastinya juga membuatmu lebih siap untuk fokus bekerja, belajar di sekolah, kuliah, atau yang melakukan blended learning

Maka dari itu Pintarian, Coba dech beberapa olahraga ini yang bisa membantu kamu tetap fokus dan memiliki otak yang sehat:

Membaca

Bagi kamu yang belum terbiasa membaca, sudah harus mulai jadikan kebiasaan nih. Tidak perlu takut untuk mencobanya dan coba dengan bacaan yang tidak terlalu berat seperti cerita pendek  atau novel yang setidaknya membuat kamu tidak perlu berpikir terlalu keras.

Bila nanti sudah mulai terbiasa, maka kamu bisa mencoba beberapa buku yang bisa memberikan ilmu pengetahuan yang bisa membantu pekerjaan dan karir kamu.

Bermain Musik

Bermain musik memang menjadi tantangan tersendiri, khususnya bila kamu memang tidak ada minat atau merasa tidak memiliki bakat. Tapi bukan berarti tidak bisa, dengan mencoba melatih dan menjadikannya sebagai hobi semata, sebetulnya sudah cukup untuk membuat otak kamu terlatih.

Dikutip dari studi oleh Nina Kraus dari lama Live Science, bahwa orang yang bermain musik dapat merespon suara dan bahasa yang lebih baik, sehingga mengalami penuaan otak yang lebih lambat.

Baca juga:Tak Harus Action, 5 Film Drama Edukasi ini Juga Seru lho!

Belajar Bahasa Asing

Bagaikan mendapat dua bonus sekaligus. Dengan belajar bahasa asing, maka kamu akan mengaktifkan otak yang belum digunakan sejak kamu mulai berbicara. Dan dengan melatih beberapa bahasa dapat meningkatkan pasokan darah ke otak.

Keuntungan lainnya yakni dengan belajar bahasa asing, maka akan sangat membantu karir kamu. Apalagi jika kamu bisa mahir lebih dari dua bahasa asing.

Berkomunikasi

Di kondisi seperti saat ini, memang sulit untuk berkomunikasi secara langsung. Tapi bukan berarti tidak bisa, karena kamu tetap bisa dengan dukungan teknologi saat ini, dimana pemanfaat aplikasi seperti zoom, Google meets, dan lainnya. Bisa menjadi solusi untuk tetap berinteraksi dan tetap menjaga jaringan sosial dan mencegah Alzheimer.

Permainan Asah Otak

Diantara beberapa tips olahraga dan aktivitas sebelumnya. Permainan asah otak merupakan hal yang mungkin paling menyenangkan. Dan jenisnya pun beragam, dari yang paling klasik seperti catur, teka teki silang, puzzle, dan sudoku merupakan permainan atau olahraga yang seru, karena bisa dimainkan secara bersama-sama.

Kini di era teknologi. Maraknya permainan secara digital seperti mobile game, konsol, dan komputer game juga bisa membantu otak untuk berolahraga dengan cara yang lebih fun. Tapi pastikan untuk melakukannya secara bijak dan tidak berlebihan.