5 Risiko Ketika Berbisnis Dengan Teman

Melakukan berbagai hal bersama teman memang menyenangkan. Apalagi jika bisa bekerjasama dengan temanmu untuk membuat bisnis. Terdengar menyenangkan, bukan? Tapi, memulai bisnis dengan teman tidak semudah dan semenyenangkan yang kamu bayangkan. Banyak risiko bisnis yang akan kamu hadapi jika kamu memutuskan untuk memulai bisnis bersama temanmu. Bahkan, tidak jarang bisnis yang gagal lantaran kurang waspada dengan risikonya. Kalau kamu ada rencana untuk melakukan hal ini, sebaiknya simak dulu artikel berikut ini. Pastikan kamu waspada sejak awal dengan 5 risiko ini agar bisnis kamu bisa berjalan dengan sukses!

Terlalu Percaya Dengan Temanmu

Bekerjasama memang harus dilandasi dengan rasa percaya. Apalagi jika partner bisnismu adalah temanmu sendiri. Tapi ingat, terlalu percaya pada siapapun juga tidak baik lho Pintarian! Kebanyakan orang biasanya tidak menyepakati segala sesuatu di awal dengan partner bisnisnya dengan alasan sudah percaya. Justru, ini bisa menjadi akar masalah di kemudian hari. Banyak bisnis bareng teman yang gagal hanya karena terlalu percaya. Jadi, sepakati di awal bahwa setiap sikap kritis yang nantinya dilakukan bukan bermaksud untuk tidak percaya. Jangan sungkan juga untuk memberikan kritik dan saran yang membangun agar bisnis yang kamu jalani pun semakin besar.

Hubungan Pertemanan Dipertaruhkan

Memutuskan untuk berbisnis bersama temanmu memang harus dipikirkan baik-baik. Sebab, hubungan pertemananmu akan dipertaruhkan. tidak heran kalau banyak orang yang menghindari untuk berbisnis dengan teman. Sebab, kebanyakan orang tidak berani untuk mengambil risiko ini. Nah, jika kamu memang ingin menjalani bisnis bareng temanmu lebih baik pikirkan segala kondisi yang akan terjadi dan solusi yang akan kamu lakukan. Bukan hanya bisnis yang gagal, bisnis yang sukses pun bisa menimbulkan permasalahan yang ujungnya membuatmu dan temanmu bertengkar.

Baca juga: Pertahankan, Jika Kamu Punya Teman Seperti Ini

Masalah Keuangan Memicu Konflik

Keuangan memang terkadang menjadi suatu hal yang riskan. Jika tidak dibicarakan dengan baik sejak awal, bisa-bisa hal ini akan memicu konflik di kemudian hari. Apalagi jika pencatatan keuangan tidak rapi dan tidak sesuai dengan standar akuntansi. Pasti akan sulit untuk mengurai akar permasalahan tersebut dan akan membuat konflik semakin melebar. Agar masalah ini tidak terjadi, kamu bisa menggunakan Aplikasi Accurate Online untuk mempermudah proses pencatatan keuangan bisnismu.

Tidak Bisa Mengambil Keputusan Secara Sepihak

Karena bisnis yang kamu kelola bukan milikmu secara pribadi, jadi kamu tidak bisa mengambil keputusan sendiri. Kondisi ini juga akan melatihmu untuk tidak bersikap egois. Walaupun kamu memiliki banyak ide yang cemerlang untuk mengembangkan bisnis, tetap saja kamu harus mendiskusikannya dengan temanmu. Biar bagaimanapun, temanmu juga berhak untuk memutuskan apa yang terbaik untuk bisnis kalian. Jika temanmu tidak setuju dengan idemu, kalian bisa mendiskusikan solusi terbaik yang bisa diambil demi kemajuan bisnis kalian bersama.

Keuntungan Dibagi Dua

 

Selain kamu tidak bisa mengambil keputusan sendiri, keuntungan yang didapatkan pun harus dibagi dua dengan temanmu. Sebab pastinya, modal awal bisnis yang kamu buat bersama temanmu merupakan hasil patungan. Nah, agar tidak menjadi perdebatan di kemudian hari, sebaiknya kamu mendiskusikan pembagian keuntungan sejak awal dengan temanmu. Hal ini dikarenakan pada beberapa kasus, bisnis yang dijalankan bersama teman bisa-bisa hancur karena tidak ada kesepakatan sejak awal. Jadi sebelum kamu membuat bisnis bersama temanmu, buatlah segala kesepakatan sedetail mungkin ya, Pintarian.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.