5 Tips Melatih Otak Agar Berpikir Lebih Positif

Setiap orang memang dianjurkan untuk berpikir positif. Sebab, pikiran yang positif akan mempengaruhi kesehatan fisik dan juga mental seseorang. Namun sayangnya, untuk menerapkan pikiran yang positif tidak semudah mengatakannya. Jarang sekali orang yang bisa menerapkan pikiran positif dengan baik. Apakah kamu juga termasuk orang yang sulit untuk menerapkan pikiran positif?

Agar bisa membiasakan diri terhadap sesuatu, kamu harus melatihnya secara berulang-ulang. Metode ini pun termasuk dalam menerapkan pikiran yang positif. Nah, berikut ini Pintaria punya 5 tips yang dapat membantumu melatih otak agar bisa berpikir lebih positif. Penasaran? Yuk langsung simak dan terapkan ke-5 tipsnya berikut ini!

Latih Bawah Sadar

Melatih bawah sadarmu adalah cara yang cukup ampuh untuk membiasakan diri berpikir positif. Bagaimana caranya? Salah satau caranya adalah kamu bisa melakukan hypnotherapy. Tapi selain itu, kamu juga bisa melakukan meditasi. Tenangkan dan rilekskan pikiranmu sejenak lalu tanamkan pikiran-pikiran positif dalam otakmu. Sebelum tidur, kamu juga bisa melakukan self-talk alias berbicara pada dirimu sendiri. Ucapkanlah kata-kata positif pada dirimu sendiri. Dengan melakukan hal ini, otakmu pun akan semakin terlatih untuk berpikir positif.

Baca juga: Kegiatan Positif Hilangkan Kejenuhan dalam Bekerja

Ambil Tanggung Jawab Atas Tindakanmu

Manusia memang tidak pernah luput dari kesalahan. Tapi sayangnya, tidak banyak orang yang mau mengambil tanggung jawab atas tindakan yang telah diperbuat. Masih banyak orang yang justru tidak menerima kesalahannya dan justru menyalahkan orang lain. Cara kedua untuk melatih pikiran positif, sebaiknya kamu jangan melakukan hal ini ya, Pintarian. Bertindak sebagai korban justru akan membuatmu melepas tanggung jawab.

Ketika kamu melakukan kesalahan, terimalah dan akui perbuatanmu. Apapun risikonya, kamu harus menghadapi dan bertanggung jawab atas kesalahanmu. Selain itu, koreksi dirimu dan perbaiki kesalahan yang sudah kamu buat. Nah, ketika kamu bisa mengoreksi dirimu, hal ini dapat membantu otakmu untuk berpikir lebih positif.

Buat Daftar Syukur

Terkadang kita memang terlalu fokus berpikir negatif sampai lupa mensyukuri apa yang kita miliki. Mulai sekarang, cobalah untuk membuat daftar syukurmu. Sebab bersyukur juga termasuk salah satu cara paling mudah untuk melatih berpikir positif.

Misalnya kamu bisa bersyukur masih diberi kesempatan untuk hidup oleh Tuhan, masih memiliki rezeki berupa makanan, dan lain sebagainya. Syukurilah apapun itu mulai dari hal yang kecil hingga besar. Dengan menulisnya, kamu bisa lebih mengingat hal-hal yang harus kamu syukuri dan otakmu pun akan terlatih untuk berpikir lebih positif.

Lakukan Hal-Hal Positif

Untuk melatih otak agar berpikir lebih positif, kamu juga harus melakukan hal-hal positif. Jangan terlalu fokus pada pikiran negatif dan meratapinya. Sibukkanlah dirimu dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Misalnya kamu bisa membaca buku-buku motivasi. Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan podcast maupun video yang dapat memotivasi kamu. Selain itu, cara terampuh untuk melatih otak menjadi lebih positif adalah dengan mendekatkan diri pada Tuhan dan membaca kitab suci.

Praktikkan Kebaikan Pada Diri Sendiri

Setiap orang pasti ingin dihargai dan diperhatikan. Namun, jangan hanya mengharap untuk mendapatkannya dari orang lain. Sebab kamu tidak akan bisa berpikir positif jika mengharapkan perhatian dan penghargaan dari orang lain.

Nah, untuk melatih otak berpikir lebih positif, ingatlah bahwa kamu harus mencintai dirimu sendiri. Jadi, praktikkanlah kebaikan pada dirimu sendiri. Misalnya dengan merawat dan menjaga kesehatan sebagai penghargaan terhadap diri sendiri.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.