Atasi Culture Shock Saat Belajar di Luar Negeri

Melanjutkan studi di luar negeri memang hal yang sangat keren, kan? Kebanyakan orang pasti memiliki mimpi untuk melakukan ini. Namun, belajar di luar negeri tidak semenyenangkan dan semudah yang kamu pikirkan lho! Tentunya saat tiba di sana, kamu akan banyak menemukan hal-hal baru. Misalnya saja seperti tempat tinggal baru, lingkungan baru, teman baru, budaya baru, bahasa baru dan lain sebagainya.

Nah, menyesuaikan diri dengan segala hal baru inilah yang akan menjadi tantangan buatmu. Kalau kamu tidak bisa mengatasinya, bisa-bisa kamu akan mengalami culture shock. Agar hal itu tidak terjadi, Pintaria punya 6 tips yang bisa kamu lakukan untuk menangani culture shock. Yuk langsung simak ulasannya!

Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika memutuskan untuk melanjutkan studi di luar negeri adalah mencari informasi tentang tempat tersebut sebanyak mungkin. Kamu bisa mencarinya melalui buku maupun internet. Dengan mengetahui banyak informasi mengenai tempat tersebut, kamu pun akan lebih memahami bagaimana budaya dan kehidupan di sana. Dengan demikian, kamu pun tidak akan terlalu kesulitan dan dapat menangani rasa culture shock.

Pelajari Bahasa Asing Dengan Baik

Selain mencari tahu informasi tentang budaya di sana, kamu juga harus menguasai bahasa negara tersebut. Misalnya saja, kamu ingin melanjutkan studi di Korea Selatan. Nah, selain harus mengetahui budayanya, kamu juga harus mengerti bagaimana berbicara dalam Bahasa Korea. Sebab, bahasa Korea memiliki 2 jenis yaitu formal dan informal. Kalau kamu tidak mempelajari bahasa Korea dengan baik, bisa-bisa kamu akan salah mengucapkannya.

Tulis Hal yang Kamu Sukai Saat Pertama Tiba

Jika kamu baru tiba di suatu tempat, pasti hal pertama yang dinikmati adalah keindahan dari tempat tersebut. Tapi setelah tinggal cukup lama, perasaan itu pun lambat laun akan memudar. Nah, menuliskan hal-hal indah yang kamu temukan saat pertama tiba juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan culture shock. Kamu bisa membaca catatan itu lagi nanti ketika kamu mulai merasa bosan atau tidak bahagia dengan tempat barumu.

Terlibat Dalam Kegiatan Sosial

Awalnya mungkin kamu akan merasa gugup. Tapi berteman dengan siswa internasional dan penduduk lokal cukup efektif untuk menghilangkan culture shock. Sebab, seiring berjalannya waktu pasti kamu akan mulai terbiasa dengan budaya dan keseharian di sana. Selain itu, teman-temanmu yang merupakan siswa internasional akan dapat memahami apa yang kamu alami. Dengan begitu kalian bisa berbagi cerita dan saran tentang cara mengatasinya.

Baca juga: Berani Melamar Kerja di Luar Negeri? Ini Tipsnya

Miliki Pikiran Terbuka

Kalau kamu memutuskan untuk belajar di luar negeri, kamu harus memiliki pikiran yang terbuka. Sebab, setiap tempat pasti memiliki budaya yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pikiran terbuka sangat dibutuhkan agar kamu tidak mudah menghakimi dan lebih mampu untuk menerima perbedaan. Tapi, beradaptasi bukan berarti harus menerima semua budaya kok. Namun, kamu jadi lebih mengerti cara berkompromi dengan itu. Jika kamu sudah bisa melakukannya, maka rasa culture shock pun akan terhindari.

Lakukan Kegiatan Selingan

Ketika kamu merasa stres karena culture shock, luangkanlah waktu untuk melakukan kegiatan selingan. Lakukanlah hobi yang membuatmu merasa senang. Misalnya menonton tv, memasak makanan Indonesia yang kamu rindukan, atau olahraga agar pikiranmu tidak terlalu penat. Pastikan kamu mencari kegiatan selingan yang sehat ya. Agar setelah kamu melakukannya, kamu pun akan kembali semangat untuk melanjutkan rutinitasmu yang lain.

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.