5 Situasi Dimana Kamu Menahan Diri Untuk Berbicara

Mengatakan sesuatu dengan sejujurnya memang hal yang baik. Tapi, pepatah mengatakan bahwa diam adalah emas. Artinya, terkadang diam justru lebih baik daripada berbicara. Dalam beberapa situasi, mengatakan apa yang ingin kamu utarakan justru bukan langkah yang tepat. Malah, bisa jadi situasi tersebut akan semakin runyam jika kamu tidak menahan diri untuk berbicara. Nah jika kamu sedang mengalami ke-5 situasi berikut ini, sebaiknya tahanlah dirimu untuk berbicara ya, Pintarian.

Jika Perkataanmu Akan Menyakiti Perasan Orang Lain

Meskipun perkataan yang ingin kamu sampaikan jujur, tapi jika itu dapat menyakiti orang lain sebaiknya kamu menahan diri untuk tidak mengatakannya. Misalnya saja kamu kurang suka dengan aroma parfum temanmu. Jika kamu mengatakannya, mungkin saja omongan tersebut dapat menyakiti perasaannya. Jadi sebaiknya sebelum mengatakan sesuatu, ambillah jeda selama 5 detik untuk berpikir apakah perkataan itu bisa berdampak baik atau buruk bagi orang lain.

Jika Kamu Sedang Dalam Keadaan Marah

Dalam keadaan marah, tentu rasanya kamu ingin sekali meluapkan semua emosimu. Tapi sebaiknya, kamu menahan diri untuk berbicara ketika sedang merasa marah ya. Karena pada umumnya, orang yang sedang marah tidak bisa berpikir dengan baik. Sehingga akhirnya perkataan yang kamu lontarkan justru akan membuatmu menyesal. Ditambah lagi, meluapkan marah tidak akan membuat situasi semakin membaik lho! Malah hal ini cenderung membuat situasi semakin panas. Jadi sebaiknya, tarik nafas dalam-dalam dan tenangkan dirimu sebelum kamu mulai mengatakan sesuatu.

Baca juga:Tips Sukses Berbicara di Depan Umum

Jika Kamu Tidak Mengetahui Fakta Sepenuhnya

Ketika kamu mendengar berita baru yang cukup menggemparkan, sebaiknya jangan langsung membicarakan hal tersebut kalau kamu belum mengetahui fakta sepenuhnya. Sebab kalau kamu terburu-buru mengatakannya, hal ini bisa menimbulkan fitnah atau justru kesalah pahaman. Lebih baik, galilah informasi berdasarkan fakta yang utuh sebelum mengatakannya. Atau, kamu bisa memilih untuk diam dan tidak mengatakan apapun walaupun kamu mengetahui sesuatu.

Jika Ada Orang yang Mencoba Merusakmu

Tukang risak adalah orang yang tidak senang kalau melihat kedamaian orang lain. Nah jika ada orang mencoba merusakmu, lebih baik jangan kamu lawan ya Pintarian. Memang sih, kamu bisa saja melawannya dengan berbicara baik-baik. Namun sepertinya, hal ini tidak akan berhasil karena mereka tidak akan mendengarkanmu. Selain itu jika kamu meladeninya, keputusan itu juga tidak baik bagi kesehatan mental kamu. Jadi daripada kamu harus berurusan panjang dengan mereka, lebih baik tahan dirimu untuk tidak mengatakan apapun ya.

Jika Perkataanmu Berpotensi Menghancurkan Hubungan

Pernahkah kamu berada di posisi tengah? Ketika kamu berteman dengan si A dan si B, namun mereka saling menceritakan kejelekan yang lain kepadamu. Kemudian, mereka akan bertanya padamu apakah si A pernah berkata buruk tentang si B atau tidak. Nah, kalau kamu berada di posisi ini sebaiknya kamu juga jangan mengatakan apapun ya. Meskipun kamu mengetahui kebenarannya, tapi kamu harus menyembunyikannya. Sebab kalau kamu mengadu, justru ini akan berpotensi menghancurkan hubungan. Bukan hanya hubungan antara si A dan si B saja, melainkan hubungan mereka terhadapmu pun akan ikut rusak.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.