5 Kebiasaan yang Bikin Mahasiswa Boros

Selain dipusingkan dengan tugas kampus, masalah yang sering dialami mahasiswa adalah kantong kering. Apalagi jika mereka tinggal jauh dari orang tua atau membiayai kuliahnya sendiri. Dengan berbagai alasan, mahasiswa biasanya berdalih mereka memiliki banyak kebutuhan. Hal ini memang tidak sepenuhnya salah. Uang semester, uang buku, uang lab dan sederet biaya lainnya memang penting. Tapi selain biaya-biaya ini, ada beberapa kebiasaan yang bikin keuangan mahasiswa cepat menurun alias boros.

Umumnya, mereka tidak menyadari bahwa kebiasaan yang mereka lakukan justru menjadi penyebab uang sakunya cepat habis. Sebab, hal ini sudah menjadi kebiasaan sehari-hari mereka. Sehingga, mereka tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhannya. Nah, berikut ini Pintaria punya 5 kebiasaan yang menjadi penyebab mahasiswa boros. Apakah kamu sering melakukannya? Yuk coba simak ulasannya!

Terlalu Sering Nongkrong Bersama Teman

Kafe-kafe kini sudah semakin menjamur dimana-mana. Biasanya, tempat ini adalah sasaran bagi mahasiswa untuk nongkrong bersama teman-teman. Selain itu, kafe juga sering dijadikan tempat untuk mengerjakan tugas. Nah, kebiasaan ini yang menjadi penyebab uang sakumu cepat habis. Sebab, kebanyakan kafe memiliki harga makanan yang cukup mahal. Nongkrong bersama teman-teman di kafe memang menyenangkan. Namun, kamu juga harus tetap memperhatikan keuanganmu dan jangan terlalu sering melakukan hal ini.

Baca juga:Pengalaman Pertama Masuk Kuliah, Hindari 7 Hal Ini

Belanja Hal-Hal yang Enggak Diperlukan

Kebiasaan yang satu ini biasanya banyak dilakukan oleh kaum wanita. Saat pergi ke Mall bersama teman-teman, ada saja barang-barang yang dibeli. Padahal sebenarnya, barang tersebut tidak terlalu penting bahkan tidakk diperlukan. Apalagi, jika melihat banyak diskon di Mall-Mall. Kalau kamu memiliki kebiasaan ini, sebaiknya segera hentikan ya, Pintarian. Pikirkanlah dengan baik sebelum membeli barang. Apakah kamu benar-benar membutuhkannya, atau karena kamu tergiur dengan diskon saja.

Makan di Luar

Makan di luar juga menjadi salah satu penyebab mahasiswa boros. Kalau kamu memiliki kebiasaan makan di luar bersama teman-teman atau pacar setiap harinya, tentu hal ini bisa bikin kamu tekor. Makan di luar memang tidak ada salahnya. Tapi, carilah tempat makan yang terjangkau seperti kantin, atau warteg yang ada di kampusmu. Jika ingin lebih hemat lagi, kamu bisa membawa bekal dari rumah. Tidak usah malu untuk membawa bekal dari rumah. Hal ini bisa membantumu untuk lebih berhemat!

Ngedate Dengan Pacar

Walaupun jomblo identik dengan kesepian, tapi ternyata jomblo bisa lebih hemat lho! Sebab, mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ngedate bareng pacar. Nah, buat kamu yang sudah punya pacar, sebaiknya jangan terlalu sering jalan-jalan bersama pacar ya.Dan atur waktu untuk bertemu agar keuanganmu lebih stabil. Selain waktu, jangan lupa atur budget pengeluaran saat ngedate. Hal ini akan mengantisipasi kamu mengeluarkan uang terlalu banyak.

Malas Pergi Ke Perpustakaan

 

Perpustakaan merupakan fasilitas kampus yang seharusnya benar-benar bisa kamu manfaatkan dengan baik. Sayangnya, kebanyakan mahasiswa merasa malas untuk pergi ke perpustakaan. Padahal dibanding harus membeli buku untuk tugas atau bahan skripsi, kamu bisa meminjamnya dari perpustakaan kampus secara gratis. Tapi, biasanya meminjam buku di perpustakaan memiliki batas waktu. Jadi, jangan sampai terlambat mengembalikannya ya. Sebab, kamu akan membayar denda jika terlambat mengembalikannya. Kalau kamu masih membutuhkan buku tersebut, laporkanlah ke petugas perusahaan agar batas waktu peminjaman bukumu diperpanjang.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.