5 Bahasa Pemrograman yang Populer di Indonesia

Bahasa pemrograman adalah kata berupa instruksi atau perintah yang umumnya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Nah, bahasa ini wajib dikuasai oleh seorang developer agar dapat membangun sebuah aplikasi atau software.

 Nah, untuk kamu yang masih pemula di bidang ini atau ingin menjadi seorang programer, kamu harus mengetahui tentang macam-macam bahasa pemrograman. Diantara banyaknya bahasa pemrograman yang ada, 5 bahasa pemrograman berikut ini adalah yang paling populer di Indonesia. Apa saja ya kira-kira? Yuk langsung simak ulasan berikut ini!

Java

Kalau dilihat dari namanya, kamu pasti langsung terpikir dengan “Jawa” kan? Nah, nama Java sendiri memang dipilih karena salah seorang pendirinya, James Gosling, sangat menyukai kopi tubruk yang berasal dari Indonesia lho, Pintarian. Bukan tanpa alasan Java bisa menjadi bahasa pemrograman yang popular di Indonesia. 

Hal ini dikarenakan Java memiliki beberapa kelebihan seperti bisa berjalan di sistem oprasi yang berbeda-beda. Kemudian, Java juga termasuk dalam pemrograman OOP (Pemrograman Orientasi Objek) sehingga para programmer akan lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini. Selain bisa digunakan pada PC, Java juga dapat dijalankan pada perangkat mobile.

PHP

Eits, PHP di sini bukan berarti pemberian harapan palsu lho, Pintarian. PHP alias PHP Hypertext Pre-processor merupakan bahasa pemrograman yang juga popular di Indonesia. Sebab, bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Website-website ternama seperti Facebook, WordPress, ataupun Digg juga menggunakan PHP dalam pengembangannya. Selain itu, bahasa pemrograman ini juga gratis sehingga banyak menjadi pilihan para programmer.

C

C merupakan bahasa pemrograman yang tertua diantara yang lain. Pada awalnya, bahasa C dikembangkan sekitar tahun 70-an oleh Dennis Ritchie. Bahasa C kemudian menjadi terkenal di Indonesia karena hampir sebagian besar perguruan tinggi IT ataupun lembaga kursus pemrograman menggunakan bahasa ini untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lain. Bahasa pemrograman ini menjadi dasar untuk mempelajari bahasa pemrograman yang lain karena C memang merupakan “bapak” dari bahasa pemrograman lain seperti C#, Java, C++ dan lain sebagainya.

Baca juga:Pelajaran Didapatkan saat Kuliah Jurusan SI?

Python

Di antara bahasa pemrograman yang lain, Python termasuk bahasa tingkat tinggi. Dengan bahasa pemrograman ini, kamu bisa membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun mobile. Selain itu, Python juga cukup mudah bagi para pemula. Hal ini dikarenakan bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami. Perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini diantaranya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Bukan hanya itu saja, Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

JavaScript

Terakhir, bahasa pemrograman yang cukup terkenal di Indonesia adalah JavaScript. Biasanya, JavaScript digunakan untuk pengembangan web. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Netscape. Dengan menggunakan JavaScript, kamu bisa membuat web yang interaktif dan menarik. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai bahasa pemrograman yang satu ini, di Indonesia terdapat grup Facebook yang bisa kamu ikuti yaitu JavaScript Indonesia. Grup ini sudah beranggotakan lebih dari 10 ribu orang dan masih aktif hingga sekarang.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.