6 Hal Penting Menjadi Public Relations Handal

Menjalani profesi sebagai Public Relation atau disingkat menjadi PR. Kini menjadi salah satu pilihan yang kian diminati oleh para calon mahasiswa dan  lulusannya yang mencari kerja yang erat kaitannya dengan dunia PR.

 Di sebuah perusahaan atau usaha, peran dari PR begitu besar, karena menjadi jembatan antara perusahaan dengan masyarakat, sehingga membuka kesempatan besar untuk seorang PR akan bertemu dengan banyak orang, termasuk pihak penting di dunia kerja.

Apakah kamu termasuk salah satu diantaranya? Bila iya, kamu perlu memiliki beberapa kemampuan ini.

Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Hal pertama yang pertama perlu kamu pahami saat menjadi seorang PR adalah mampu berkomunikasi dengan baik. Terlihat sederhana, tapi hal ini merupakan kemampuan belum tentu dimiliki oleh  semua orang.

Dengan kemampuan untuk berbicara dan menulis dalam menyampaikan pesan dengan baik dan benar merupakan hal penting. Apalagi ada kala kamu harus berbicara di depan umum dan melakukan presentasi. Sedangkan untuk menulis, nantinya kamu juga akan dituntut untuk bisa menulis press release, membuat artikel, dan feature. Bahkan bisa jadi kamu menulis naskah pidato untuk perusahaan, menulis laporan, brosur, hingga konsep iklan.

Maka dengan kemampuan lisan dan tulisan yang baik, kamu selangkah lebih dekat untuk menjadi seorang PR yang berkualitas.

Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Dengan menjadi individu yang bekerja di dunia PR. Jiwa atau skill kepemimpinan akan sangat membantumu untuk bisa mengantisipasi adanya permasalahan yang terjadi di dalam maupun di luar.

Kamu akan siap dalam menyusun rencana kegiatan dan melaksanakannya dengan baik, termasuk rincian anggaran hingga evaluasi terhadap kegiatan berkaitan dengan tanggung jawab seorang PR. Karena PR harus mampu berpikir jernih dan objektif.

Kemampuan Membina Relasi

Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Kamu juga diharuskan mampu untuk tidak hanya menambah tapi juga mempertahankan networking atau relasi yang ada dengan berbagai pihak, khususnya memiliki kaitan dengan perusahaan.

Dan untuk bisa membina relasi tidaklah mudah, dengan kemampuan untuk bisa mempertahankan relasi akan sangat penting dalam membangun kesan positif untuk perusahaan sehingga terjalin rasa percaya antara relasi dan perusahaan.

Baca juga: Cara Melatih Public Speaking dan Tampil Di Depan Publik

Harus Kreatif

Merupakan kemampuan yang tidak boleh lepas dari seorang PR. Karena dengan gagasan dan juga ide yang cemerlang dapat meningkatkan peluang suksesnya brand, produk, atau perusahaan. Maka dari itu sebagai PR kamu harus memiliki wawasan yang luas, agar ide keren dan baru bisa terus mengalir.

Selain itu, PR juga harus pula memiliki kemampuan sebagai problem solver. Dimana saat menemukan kendala atau masalah, PR dapat memanfaatkan sisi kreatifnya untuk mencari solusi yang tepat.  

Bisa Menghadapi Situasi Kritis

Tidak selalu menghadapi situasi yang membangun atau positif.  Bisa jadi kamu kelak dihadapkan pada situasi krisis atau sulit yang dialami oleh perusahaan. Dan membutuhkan kemampuan PR yang berkualitas untuk memiliki rencana strategis dalam mengelola situasi tersebut.

Apalagi jika perusahaan tengah mendapatkan sorotan media dan masyarakat terkait hal yang negatif. Disinilah kemampuan kamu sebagai PR diuji.

Piawai dalam Negosiasi

Kemampuan berkomunikasi kamu, akan mendapatkan tantangan saat dihadapkan pada situasi dimana kamu juga harus pandai dalam menganalisa sesuatu, menangani isu, serta keahlian dalam bernegosiasi dengan pihak internal dan eksternal.

Dengan piawai dalam bernegosiasi kamu tidak hanya mendapatkan respon positif dari perusahaan tapi juga nilai tambah dari pihak lain dalam mendapatkan solusi saat negosiasi yang memberikan rasa puas untuk kedua belah pihak.

Bagaimana Pintarian, apakah kamu siap terjun di dunia kerja sebagai seorang Public Relation?

Nah, jika saat ini kamu sedang mencari kerja yang lekat dengan  dunia PR, Pintaria punya beberapa pelatihan atau kursus bermanfaat yang mudah, cepat, dan bermanfaat untuk lebih meningkatkan value kamu sebagai pelamar kerja nantinya, apalagi jika kamu peserta program kartu prakerja.

Di Pintaria, ada banyak pelatihan yang bisa kamu ambil seperti keterampilan berbicara profesional, komunikasi persuasif dan keterampilan bernegosiasi, dan masih banyak lagi. Dan pastinya akan sangat berguna untuk kamu yang akan terjun di dunia PR.

Jika kamu penasaran pelatihan apa saja yang ada, bisa langsung mengunjungi www.pintaria.com/kartuprakerja

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.