Presentasi Bahasa Inggris yang Mudah Dimengerti

Saat ini, melakukan presentasi menjadi hal yang umum dilakukan tak hanya di dunia perkuliahan, namun juga di dunia kerja dan bisnis. Presentasi bahasa Inggris bisa berupa tes atau ujian maupun prosedur saat rapat atau dilakukan ketika bertemu klien asing yang tidak bisa bahasa Indonesia. Membuat presentasi dalam bahasa Indonesia cukup mudah, namun melakukan presentasi dalam bahasa Inggris tentu memiliki tantangan yang berbeda.

Banyak website yang memberi contoh  presentasi bahasa Inggris sederhana hingga rumit berbagai presentasi yang baik. Tetapi, tidak banyak yang menyajikan bagaimana contoh presentasi bahasa Inggris yang mudah dimengerti sekaligus menarik. Menurut laman Kampung Inggris, ada beberapa tips dan hal-hal yang wajib diperhatikan dalam melakukan presentasi bahasa Inggris agar mudah dimengerti. Berikut paparan selengkapnya di bawah ini.

Persiapkan Bahan Presentasi

Contoh presentasi bahasa Inggris ini harus diterapkan, termasuk mempersiapkan bahan presentasi ini jadi amunisi dan senjata sebelum bertempur. Jika Anda menyiapkan materi presentasi misalnya tentang sistem demokrasi, maka kumpulkan materi tentang sistem demokrasi, gali secara mendalam soal asal muasal sistem demokrasi, lalu kuasai materinya,  dan berlatih bicara. Jangan lupa, materi yang sudah jadi harus berupa bahasa Inggris.

Siapkan Power Point yang Menarik dan Tidak Bertele-Tele

Pilihan warna, font, design template, hingga ukuran PowerPoint harus sesuai dan tidak berlebihan. Isi dari PowerPoint merupakan main point atau garis-garis besar dari materi esai yang telah disiapkan. PowerPoint inilah yang akan dijadikan alat berlatih berbicara dengan bahasa Inggris dengan pelafalan yang benar. Pemilihan kata harus tepat dan gesture kita saat presentasi juga harus diperhatikan. Agar nantinya dapat menyampaikan materi dengan efektif dan lebih mudah dipahami pendengar.

Baca juga: 5 Penyebab Presentasi Kamu Tidak Berjalan Secara Maksimal

Berlatih Presentasi dengan Urutan Berikut

Lakukan salam pembuka harus jelas dan ditujukan sesuai pihak yang menjadi audiens kita, jika dosen maka kita harus menyertakan namanya, jika pejabat maka harus ada titel dan sebagainya. Jangan lupa, kita harus memperkenalkan diri secara jelas, lalu memaparkan maksud dan tujuan presentasi (the purpose of presentation). Setelah itu lalu menyampaikan materi (presenting the topic). Pastikan materi harus disampaikan dengan jelas, dengan bahasa Inggris yang mudah dimengerti.

Begitu selesai, pastikan untuk membuat kesimpulan (conclusion), yaitu inti dari materi yang disampaikan. Lalu tutup presentasi dengan salam penutup  dan ucapan terima kasih (closing). Jangan lupa fokus serta memperhatikan PowerPoint yang akan disajikan saat presentasi. Dalam PowerPoint, jumlah slide yang digunakan tidak boleh terlalu banyak, jenis dan ukuran font yang digunakan harus sesuai dan mudah dibaca.

Teks harus to the point dan tetap sederhana dengan menggunakan poin atau kalimat singkat, grafik dan tabel harus digunakan dalam membantu menyampaikan pesan presentasi, latar belakang latar belakang slide harus kontras dengan teks dan konsisten, lalu ejaan dan tata bahasa harus sesuai dan benar, apalagi jika menggunakan bahasa Inggris. Ingat, ini adalah presentasi, jadi apa yang ditampilkan sudah cukup dalam bentuk poin-poin saja. Selebihnya Anda yang akan mengambil alih menjelaskan lebih jauh. 

Cukup mudah bukan memahami contoh presentasi bahasa Inggris di atas? Dengan beberapa tips di atas Anda bisa berlatih presentasi bahasa inggris dengan mudah. Selain berlatih sendiri, Anda juga bisa ikut kelas khusus yang mengajarkan bagaimana presentasi bahasa Inggris. Kelas bahasa Inggris ini khusus untuk Anda yang ingin belajar dan memperlancar cara presentasi dalam bahasa Inggris, termasuk Anda yang memegang Kartu Pra Kerja. Kelas akan dilakukan melalui aplikasi Cakap yang bisa diakses selama satu bulan penuh setiap harinya.

Cukup dengan mengikuti kelas selama 7 pertemuan berturut-turut, Anda bisa langsung mendapatkan sertifikat belajar. Keren kan? Lalu apa saja yang akan Anda dapat? Nantinya Anda akan mendapat materi belajar, tes online, dan report. Bahkan Anda akan mendapat Sertifikat loh? Keren kan! Nah, siapa saja yang perlu dipersiapkan? Anda hanya perlu mempersiapkan laptop/notebook, tablet, atau smartphone dengan koneksi Internet. Jika Anda tertarik, Anda bisa lihat syarat dan hal-hal yang perlu dipersiapkan dengan klik di sini.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.