Kenal Lebih Dekat Peran dan Tanggung Jawab Barista

Apa itu barista? Ia adalah orang yang bertanggung jawab dalam urusan meracik, membuat, menyiapkan, dan menyajikan kopi. Kebanyakan barista bekerja di kedai kopi atau coffee shop yang menyediakan menu utama espresso, latte, dan cappuccino. Meski kelihatannya sepele, “hanya” meracik dan membuat kopi, sebetulnya pekerjaan sebagai barista membutuhkan training yang cukup panjang serta kemampuan tingkat tinggi untuk menghasilkan racikan kopi yang enak. Bagi yang belum tahu soal barista, yuk simak penjelasannya lebih rinci.

Apa itu barista kopi?

Secara singkat, apa itu barista kopi adalah seseorang yang membuat racikan kopi sejak awal hingga akhir disajikan kepada pelanggan. Kalau diamati lebih dalam, barista adalah orang yang bekerja di coffee shop, kedai kopi, dan bar kopi yang mengoperasikan mesin espresso komersial yang cenderung rumit. Tugas barista adalah untuk mengukur berapa besar suhu dan tekanan yang diperlukan untuk membuat espresso. Jenis minuman satu ini memang termasuk rumit dan proses pembuatannya membutuhkan keterampilan.

Barista juga bertanggung jawab membuat racikan minuman yang memakai susu, seperti latte, cappuccino, atau racikan keduanya. Menyajikan kopi semacam ini bukan pekerjaan yang gampang. Barista harus tahu apakah susu harus di-froth, di-steam, atau di-foam agar menghasilkan racikan kopi susu yang enak. Makanya, lebih dari sekadar menyajikan kopi, pekerjaan barista membutuhkan skill, pengetahuan, dan sentuhan seni dalam meracik kopi.

Baca juga: Bisnis Gagal, Mungkin ini yang Menjadi Penyebabnya

Tugas dan tanggung jawab seorang barista

Tugas utama dari seorang barista memang untuk meracik kopi yang nikmat. Namun, barista yang bekerja di coffee shop memiliki tanggung jawab yang tidak sekadar meracik kopi, tapi juga merawat alat pengolahan biji kopi dan berkomunikasi dengan pelanggan. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab barista yang harus kamu ketahui:

  1. Menyajikan kopi yang enak dengan menggunakan metode manual maupun mesin.
  2. Mengoperasikan dan merawat alat seduh, seperti gelas, pour over cone, dan mesin espresso.
  3. Menjaga kebersihan meja bar dan area untuk pengunjung.
  4. Meracik minuman non-coffee untuk pelanggan yang tidak bisa minum kopi. Jenis minuman non-coffee yang biasanya harus bisa dikuasai barista adalah red velvet, mocktail, teh, cokelat panas, dan matcha latte.
  5. Menyapa dan berkomunikasi dengan pelanggan secara ramah.   

Syarat untuk menjadi barista kopi

Setelah mengerti definisi dan tanggung jawab seorang barista, beberapa dari kamu mungkin ada yang tertarik dan ingin menjajal pekerjaan ini. Terlebih lapangan pekerjaan untuk menjadi barista semakin terbuka lebar sejak bisnis kopi mulai banyak digeluti akhir-akhir ini. Kamu bisa menjadi barista yang andal dan berkarier sebagai peracik kopi profesional.

Syarat untuk menjadi seorang barista sebenarnya mudah. Kamu hanya perlu menguasai empat ilmu dasar, yaitu menilai mutu bahan, mengoperasikan mesin espresso, mesin grinder, dan meracik kopi. Untuk mempelajari empat ilmu dasar tersebut, kamu harus bisa tekun, sabar, dan teliti. Akan jauh lebih mudah lagi kalau kamu memang seorang pencinta kopi. Bagaimana mungkin kamu menjadi juru seduh kopi jika tidak pernah ngopi atau bahkan tidak menyukai kopi, kan? Seorang barista profesional bahkan harus menyeduh dua puluh cangkir kopi dalam satu hari selama proses latihan.

Apakah kamu tertarik menjadi seorang juru seduh setelah mengetahui apa itu barista serta tugas dan tanggung jawabnya? Kalau memang iya, kamu bisa mengambil kelas online Menjadi Barista dan Membuka Warung Kopi di Rumah yang ditawarkan oleh Pintaria melalui website. Pembelajaran ini bisa kamu akses secara online di Pintaria dengan Kartu PraKerja yang kamu miliki!

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.