5 Tokoh yang Menginspirasi dan Populer di Dunia Pendidikan

Pendidikan adalah hal yang terpenting. Tanpa adanya pendidikan, tentu dunia pun tidak akan seperti sekarang ini. Hadirnya pendidikan yang berkualitas seperti sekarang ini pun tidak lepas dari peran dan perjuangan para guru. Oleh sebab itu, guru disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Banyak sekali tokoh inspirasi pendidikan baik di dalam maupun di luar negeri.

Penasaran siapa saja individu dunia yang menjadi guru yang menginsipirasi perjalanan ilmu pengetahuan dan pendidikan yang dikenal mendunia hingga saat ini? Pintaria merangkum 5 tokoh inspirasi tersebut, Apakah kamu mengenal beberapa diantaranya?

Anne Sullivan

Anne Sullivan adalah salah satu tokoh inspiratif pendidikan yang terkenal dalam sejarah. Ia dikenal karena mengajar seorang anak muda yang buta, tuli, dan bisu bernama Helen Keller. Anne Sullivan dengan sabar membantu dan mengajakan Helen Keller berkomunikasi dengan dunia. 

Ia pertama kali dikirim ke kediaman Helen ketika baru berusa 20 tahun. Anne sendiri juga memiliki penglihatan yang terbatas. Namun, ia tetap bertekad untuk mengajar Helen. Keduanya tetap dekat sepanjang hidup mereka sampai akhirnya Anne menghembuskan nafas terkahir pada tahun 1936.

Mother Teresa

Mother Teresa pernah bekerja sebagai guru sambil melayani para biarawati di India. Sebelumnya, ia menghabiskan selama 17 tahun di sekolah menengah perempuan saint mary di Calcutta. Ia pun pernah diangkat sebagai kepala sekolah di sana. Setelah itu pada tahun 1948, ia memutuskan untuk meninggalkan profesinya dan memilih mengajar orang-orang yang kurang mampu di daerah kumuh Calcutta.

 Karena kebaikan hatinya itu, Mother Teresa juga dikenal sebagai penyelamat bagi kaum yang kurang mampu dan orang sakit. Bukan hanya mengajar, ia pun mendirikan Ordo Misionaris Cinta Kasih bertahun tahun sebelum meninggal pada tahun 1997. Mother Teresa pun kemudian dinobatkan sebagai orang suci pada tahun 2016.

Baca juga: 6 Rutinitas Untuk Bisa Bekerja Lebih Produktif

Albert Einstein

Siapa yang enggak mengenal sosok jenius yang satu ini? Albert Einstein adalah seorang fisikawan yang berhasil memenangkan Hadiah Nobel. Ia pun juga dikenal dengan teori relativitas serta persamaan matematika yaitu E=MC2. Bukan hanya karena kejeniusannya, ia juga dikenal sebagai sosok inspiratif pendidikan dunia. 

Albert Einstein juga pernah menjadi seorang profesor fisika teoretis di Praha, Zurich, dan Berlin. Kemudian, pada tahun 1933, ia memutuskan untuk berpindah kewarganegaraan dan menjadi profesor fisika di Universitas Princeton.

Paus Francis

Paus Francis atau Jorge Mario Bergoglio adalah seseorang yang memegang jabatan tertinggi di Gereja Katolik Roma. Sejak pemilihannya pada tahun 2013 yang lalu, ia pun menghabiskan hari-harinya dengan membela kaum yang kurang beruntung. Karena kebaikan hatinya itu, Paus Francis menjadi tokoh yang sangat dikenal dan dihormati baik di dalam maupun di luar gereja.

 Selain itu, Paus Francis juga dikenal karena pidatonya yang penuh semangat. Hal ini mungkin karena sebelumnya ia pernah mengajar sastra dan psikologi di Immaculate Conception College dan Colegio del Salvatore dari tahun 1964 hingga 1966.

Spike Lee

Sebagai sutradara ternama Amerika, Lee merupakan sosok yang disegani di dunia perfilman. Ia bahkan meraih banyak penghargaan dari karya-karyanya. Tapi yang menjadikan sosoknya begitu dikagumi adalah pekerjaan lainnya sebagai pengajar dan profesor di Universitas New York Tisch School of the Arts untuk berbagai pengalaman dan pengetahuannya kepada mahasiswa yang berambisi mengemban ilmu di dunia seni dan perfilman.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.