8 Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Berkualitas

Menulis surat lamaran adalah langkah krusial yang harus kamu lakukan saat akan melamar kerja. Sayangnya, tidak semua pelamar mengetahui bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik. Padahal, kunci pertama lamaran yang cepat dilirik oleh HRD adalah yang ditulis sesuai dengan struktur dan tambahan yang menarik. Namun, jangan khawatir, artikel kali ini akan membahas secara lengkap struktur menulis surat lamaran kerja berikut hal-hal tambahan yang membuat lamaranmu cepat dilirik HRD.

Selain dari membaca artikel ini, kamu juga bisa belajar langsung cara menulis surat lamaran melalui kelas online di Pintaria dengan menggunakan Kartu PraKerja yang kamu miliki.

Menulis nama dan alamat yang dituju

Cara menulis surat lamaran kerja diawali dengan bagian awal yang berisi tanggal surat, nama orang yang dituju, dan alamat lengkap kantor perusahaan. Pada tanggal surat, tuliskan kota dan tanggal kamu menuliskan lamaran. Letak tanggal ada pada sudut kanan atas. Lalu, di bagian kiri bawah tanggal, tuliskan nama HRD atau perwakilan kantor yang dituju. Jika tidak tahu, cukup tulis dengan “Kepada Yth. Bapak/Ibu”. Kemudian diikuti dengan nama perusahaan dan alamatnya.

Salam dan pembukaan surat

Selanjutnya, masuk ke bagian pembuka surat. Di bagian ini, yang harus kamu tuliskan adalah kata pengantar, informasi dari mana kamu mendapat info lowongan, lalu jabatan atau posisi yang ingin kamu lamar. Tuliskan secara singkat dan jelas agar mudah dipahami dan jangan lupa gunakan bahasa yang formal.

Baca juga: Cara Mengirim Lamaran Lewat Email di HP

Biodata pribadi

Lanjut lagi ke cara menulis surat lamaran kerja yang berikutnya, kamu bisa menuliskan biodata pribadi. Bisa dimulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat domisili, nomor telepon, email, dan latar belakang pendidikan tertinggi. Pastikan data yang kamu cantumkan sesuai dengan kenyataan dan jangan berbohong dengan memalsukan data.

Pengalaman dan kemampuan

Kunci sukses surat lamaran yang menarik HRD adalah pada bagian pengalaman dan kemampuan. Di bagian ini, kamu harus bisa mempromosikan diri dengan menunjukkan keunggulan yang dimiliki. Cari tahu apa kemampuan dan pengalamanmu yang sekiranya akan berkontribusi terhadap posisi pekerjaan yang dilamar. Jangan membicarakan kemampuan dan pengalaman lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar.

Penutup

Di bagian akhir, kamu bisa menegaskan kembali keseriusan dan harapan terhadap pekerjaan yang dilamar. Tidak perlu panjang dan bertele-tele, cukup sampaikan dengan jelas dan singkat. Buat bagian penutup yang manis dan ucapkan terima kasih. Pastikan pula tetap memakai bahasa yang formal.

 

Lampiran

Cara menulis surat lamaran kerja yang menarik juga bergantung pada bagaimana kamu dapat meyakinkan HRD akan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Oleh karena itu, berikan lampiran yang berisi portofolio hasil kerja, sertifikat yang pernah didapat, pas foto, transkrip nilai, CV, dan lain-lainnya. Kamu juga bisa menyertakan surat kesehatan untuk membuktikan bahwa kamu sehat secara jasmani dan rohani.

Tanda tangan dan nama asli

Jangan lupa di bagian paling akhir, pada sudut kanan bawah, berikan tanda tangan dan nama lengkap asli. Tidak perlu materai, kamu cukup menuliskan Hormat Saya, lalu diikuti dengan tanda tangan dan nama lengkap. Berikan tanda tangan formal yang biasa kamu gunakan dan bukan paraf.

Beberapa tips agar lamaran dilirik HRD

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar surat lamaran dilirik oleh HRD. Pertama, surat lamaran harus ditulis dengan Bahasa Indonesia yang formal dan menggunakan ejaan yang telah disesuaikan. Jangan sampai ada kesalahan ejaan atau menggunakan bahasa santai karena ini akan mengurangi nilai surat lamaran kerja.

Kedua, pastikan kamu bisa menunjukkan nilai jual di mata HRD dengan menunjukkan keunggulan pada pengalaman dan kemampuan yang dimiliki. Kalau pengalaman dan kemampuan yang dimiliki sesuai dengan lowongan yang dilamar, maka lebih tinggi kesempatan surat lamaranmu masuk ke daftar shortlisted.

Begitulah panduan singkat cara menulis surat lamaran kerja. Untuk lebih jelasnya lagi, ikuti kelas cara menulis surat lamaran di Pintaria dengan klik link yang sudah dicantumkan di awal. Jangan lupa pula pakai Kartu PraKerja untuk mengakses kelas di Pintaria!

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.