Melanjutkan pendidikan ke luar negeri akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Akan tetapi, tidak sedikit yang terkendala biaya yang tidak murah. Namun bukan berarti tidak mungkin, beasiswa menjadi cara yang bisa kamu tempuh agar meraih kesempatan yang sama, namun dengan pengeluaran yang lebih sedikit dibandingkan dengan melanjutkan pendidikan dengan biaya pribadi.

 Apakah kamu bersemangat untuk bisa lolos dan mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri? Jika iya, tentu tidak akan mudah untuk bisa meraihnya, karena kamu juga akan bersaing dengan peserta lainnya untuk bisa mendapatkan kesempatan yang sama.

Nah, Pintaria punya beberapa tips ni, yang bisa kamu gunakan dan siapkan untuk menjadikan potensi kamu mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri lebih tinggi. Simak yuk beberapa diantaranya,

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Kamu

Sebagai bahasa Internasional , modal kamu untuk bisa kuliah dan survive kuliah di luar negeri adalah kemampuan yang baik berbahasa Inggris, karena rata-rata yang menerima mahasiswa asing merupakan kampus yang sudah terbiasa berinteraksi dengan bahasa Inggris.

Tentu akan lebih baik lagi, jika kamu juga ternyata bisa memahami dan berkomunikasi dengan bahasa asing di negara yang kamu tujuk untuk kuliah.

Rajin-rajin untuk mengikuti kelas TOEFL, atau mulai mengikuti kelas atau kursus bahasa untuk lebih melatih kemampuan kamu.

Tentukan Universitas dan Jurusan Kamu

Dengan sudah melakukan riset mengenai kampus mana dan jurusan kamu, maka kamu akan semakin yakin dan meminimalisir kamu menjadi korban salah jurusan. Dan pastinya dengan kamu sudah tahu kampus dan jurusan mana yang dipilih, kamu akan fokus dalam menjalani semua kebutuhan yang diperlukan oleh kampus tersebut.

Pilih Negara dengan Pelamar yang Tidak Terlalu Banyak

Bila negara dan kampus yang kamu pilih menjadi yang favorit, maka peluang kampu tentu akan semakin tipis. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk kuliah di negara dan kampus yang juga berkualitas namun tidak terlalu populer. Dengan begitu, kesempatan kamu untuk lolos akan semakin lebih besar nantinya.

Cobalah tidak berpikiran terbuka dan cari tahu beragam jenis beasiswa dari negara lain, selain negara favorit.

Buat Motivation Letter yang Unik dan Berbeda

Sebagai salah satu penentu yang tidak boleh dianggap mudah. Pembuatan motivation letter harus terlihat dan unik, sehingga menarik perhatian. Semakin beda dan bagus, tentu akan meningkatkan peluang kamu untuk bisa lolos.

Apalagi saat menuliskan motivation letter, terlihat kamu memiliki ambisi dan keinginan yang kuat saat memilih beasiswa yang kamu inginkan. Good job Pintarian!

Lengkapi Persyaratan dengan Baik

Jangan lupa untuk memenuhi semua dokumen dan persyaratan yang diminta, seperti CV, surat referensi dan juga motivation letter. Pastikan kamu sudah menyusun semua dengan baik dan benar yah Pintarian.

Masukan Lamaran Lebih Awal

Kalau bisa lebih cepat jangan ditunda, dengan begitu kamu bisa mengalihkan fokus kamu untuk yang lainnya. Dan dengan banyaknya pelamar beasiswa, tentu pemeriksa dari lamaran kamu akan lebih fokus untuk melihatnya diawal mulai pemeriksaan, dibandingkan menjelang deadline.

Ingat pemeriksa juga manusia, kelelahan bisa menjadi faktor yang bisa terjadi dan membuat lamaran dan kelebihanmu luput dari mata pemeriksa.

Baca juga:Langsung Kerja atau Kuliah, Pertimbangkan Hal ini Dulu

Persiapkan Diri Menghadapi Tes

Saat semuanya sudah lengkap dan memenuhi syarat. Saatnya kamu menghadapi tes untuk menjadi penentu, apakah kamu layak atau tidak untuk mendapatkan beasiswa.

Untuk itu, diperlukan persiapan dengan matang dengan belajar segala hal yang berkaitan dengan tes tersebut. Bila kamu siap dan tenang, maka hasil terbaik bisa kamu raih.

Namun, apabila ternyata gagal. Jangan takut untuk tetap bersemangat dan mencoba kembali di lain waktu.