Apakah dengan menjadi lulusan jurusan tertentu harus menjalani karir dan profesi yang sesuai? Jawabannya tidak harus Pintarian. Walau memang idealnya demikian, tapi bukan berarti dengan kamu mengambil pekerjaan yang berbeda dengan jurusan yang kamu ambil bisa membuatmu kesulitan.

Faktanya, dari data yang dilansir dari media detik.com, bahwa pada tahun 2017, dikemukakan oleh Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri bahwa dari pertumbuhan angkatan kerja baru rata-rata  2 juta orang, 37% menjalani pekerjaan sesuai dengan bidang yang ditekuni, sisanya 67% orang Indonesia bekerja tidak sesuai dengan jurusannya.

Melalui data tersebut, maka bisa dikatakan bahwa menjalani pekerjaan beda bidang dengan pendidikan yang kamu tekuni merupakan hal yang lumrah untuk dilakukan. Bahkan dengan cara tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak kelebihan dan manfaat dari menjalani profesi beda bidang ini. Ini dia diantaranya:

Tantangan dan Potensi Baru

Menjalani pekerjaan beda dengan jurusan yang kamu ambil, ibarat kamu keluar dari zona nyaman pendidikanmu selama ini. Memang menjadi perjuangan lagi, karena kamu dituntut untuk kembali belajar hal-hal yang tidak kamu pelajari sebelumnya.  

Jika kamu merasa tertantang dengan mencoba untuk mempelajarinya, maka kamu akan semakin tahu, lalu menambahkan potensi dan kemampuan baru kamu lebih dalam lagi. Dan akan menjadi kepuasan tersendiri, saat kamu berhasil melaluinya dengan baik.

Menyadari Bahwa Ilmu yang Kamu Punya Belum Cukup

Saat kamu menjalani pekerjaan sesuai dengan pendidikan kamu, mungkin kamu bisa lebih memahami. Bahkan merasa bahwa bekal yang kamu miliki sudah cukup. Tapi lain halnya, jika kamu berada di situasi sebaliknya. Dimana kamu benar-benar belum memahami tanggung jawab dan ilmu untuk profesi yang kamu jalani.

Dengan kamu semakin belajar akan hal baru tersebut, maka kamu juga menyadari bahwa banyak hal yang belum kamu ketahui. Bahkan secara bersamaan menjadi sebuah kebanggaan akan pengalaman baru yang belum kamu rasakan sebelumnya.

Menemukan Skill Baru yang Kamu Suka

Pada awalnya, bisa jadi kamu akan merasa aneh dengan ilmu dan tanggung jawab yang tidak sesuai dengan apa yang kamu pelajari. Akan tetapi, bukan tidak mungkin apa yang kamu pelajari kelak bisa menjadi hal favorit bahkan passion yang selama ini kamu cari. 

Dan akhirnya kamu tidak hanya menemukan pekerjaan dengan penghasilan yang baik, tapi disisi mental dan batin, kamu menjalaninya dengan bahagia.

Baca juga:Pekerjaan Sampingan Sambil Kuliah, 5 Profesi Ini Bisa Kamu Coba

Kemampuan Beradaptasi Bekerja Beda Bidang Terlatih

 Dengan kamu terbiasa menghadapi hal di luar pengetahuan kamu, dan mampu mengatasinya. Maka kamu tergolong dapat beradaptasi lebih cepat dari biasanya. Dan bisa langsung mengetahui langkah apa yang perlu kamu ambil, apabila bertemu dengan beberapa hal yang tidak kamu pahami.

Bisa dipastikan, jika kamu pindah ke tempat kerja lain. Kamu tidak terlalu kesulitan dalam beradaptasi nantinya.

Peluang Karir Terbuka Lebar

Dengan kamu memahami lebih dari apa yang kamu raih di dunia pendidikan. Maka kamu memiliki peluang besar untuk mendapatkan karir yang lebih beragam dan peluang yang lebih besar dari yang lain.

Dan bukan tidak mungkin kemampuan tersebut, bisa digunakan tidak hanya pada pekerjaan utama, tapi juga pekerjaan sampingan kamu.

Memperluas Jaringan Lintas Bidang

Menjalani pekerjaan beda bidang pendidikan, maka kamu akan bertemu dan belajar dari rekan kerja di bidang pekerjaan yang berbeda pula, dan berdampak pada jaringan kamu yang semakin luas. Dan kelak bisa saja menjadi sosok yang dapat membantu kamu dalam hal pekerjaan dan masukan ilmu yang berguna.