7 Cara Jualan Makanan Online dengan Mudah

Bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang paling “hidup” di Indonesia. Maklum, jumlah penduduk di Indonesia cukup besar, masuk peringkat 4 dari 5 besar dunia. Yang membuat bisnis makanan makin seru di era sekarang adalah metode pemasarannya yang lebih murah dan praktis. Menggunakan internet, Anda bisa meraup untung lebih banyak tanpa harus membuka outlet atau tempat khusus. Semua bisa dilakukan dari rumah sambil melakukan aktivitas lainnya.

Bagaimana cara jualan makanan online yang efektif? Simak penjelasannya sampai selesai.

Optimalkan Medsos

Punya akun medsos tapi hanya dipakai untuk update status dan upload foto-foto doang? Sayang sekali. Sudah bukan zamannya lagi medsos dipakai untuk urusan pribadi saja. Bisnis kuliner pun dapat berkembang lebih pesat dengan menggunakan akun medsos Anda.

Selain networking personal yang sudah Anda miliki dengan teman-teman di dunia online, jangkauan medsos sangat luas dan mudah menyebar. Tingkat penetrasi pengguna medsos pun cukup tinggi, yakni 42% dari total populasi dunia. 

Selalu up to date dengan perkembangan postingan medsos. Dengan begitu, postingan bisnis makanan Anda akan relevan dan diminati konsumen yang sedang wara-wiri di medsos.

Copywriting yang Memikat

Untuk memikat calon pembeli, Anda perlu mem-posting beragam konten menarik seputar bisnis makanan Anda. Jelaskan menu-menu yang Anda sediakan. Jelaskan dari apa bahan pembuatnya. Jelaskan juga cita rasanya yang berbeda. Semua ini membutuhkan teknik menulis khusus.

Oleh karenanya, tidak ada salahnya Anda belajar copywriting, yaitu teknik menulis untuk menjual sesuatu. Teknik ini dapat membuat Anda tahu kata-kata apa yang harus ditulis dalam sebuah postingan hingga membuat konsumen tertarik untuk membeli.

Baca juga: 4 Usaha Modal Kecil Dengan Untung Besar

Foto yang Menggugah Selera

Tahu kenapa iklan-iklan di TV tampak demikian wah? Tujuannya agar Anda membayangkan hal-hal terbaik dari produk yang ditawarkan. Demikian juga bisnis kuliner Anda. Bila iklan online Anda tampak biasa dan tidak spesial, rasanya sulit menarik perhatian pembeli.

Luangkan waktu untuk membuat foto ilustrasi kuliner Anda tampak prima. Usahakan pencahayaan yang bagus. Berikan background yang simple agar konsumen fokus ke makanan. Zoom agar detail makanan terlihat jelas. Berikan hiasan dan edit software desain atau filter Instagram.

Diskon, Cashback, Bonus!

Salah satu cara jualan makanan online yang efektif adalah… diskon! Siapa yang tidak suka diskon? Siapa juga yang tidak suka bonus dan cashback? Tiga “trik harga” ini selalu berhasil memicu pembelian. Jika tidak berhasil, pasti cara ini tidak akan diulang-ulang dong!

Kenapa ketiganya berhasil? Karena ketiga cara ini membantu konsumen untuk berpikir untung. Belanja adalah beban untuk konsumen. Mereka tidak akan melakukannya kecuali hal itu dirasa sepadan atau menguntungkan. Nah, diskon-cashback-bonus adalah trio yang menghilangkan kerisauan harga dari benak konsumen sehingga mereka merasa pembelian yang mereka lakukan itu sepadan dengan apa yang mereka dapatkan.

Testimoni dan Review

Teknik ini diperlukan untuk afirmasi bahwa bisnis kuliner Anda diakui oleh orang lain. Pembelian online adalah pembelian yang penuh dengan kecemasan. Pembeli takut rasanya tidak enak, barang tidak sampai, harga terlalu mahal, dan lain-lain. Testimoni dan review membantu konsumen untuk menghilangkan kecemasan itu dari dalam pikiran. Di Indonesia, testimoni dan review bahkan jadi pemicu pembelian yang tidak kalah kuat dibanding diskon, terutama bila teman atau orang dekat Anda yang mempromosikan.

Video Mukbang

Cara jualan makanan online berikutnya adalah promo menggunakan video mukbang bareng food influencer. Apa itu mukbang? Istilah ini datang dari Korea, mudahnya adalah video review makanan sambil menikmati makanan tersebut di depan kamera. Detail bagaimana food influencer mengomentari makanan, ekspresi saat menikmati suapan demi suapan—sambil menunjukkan makanannya di depan kamera—dapat membuat penonton merasa penasaran dan ingin mencoba.

Aplikasi Pesan Kuliner

Semakin banyak juga jasa aplikasi yang bisa di-install konsumen untuk memesan makanan. Apa jadinya bila bisnis makanan Anda tidak terdaftar di aplikasi tersebut? Ya pastinya tidak akan dapat pesanan dari calon konsumen.

Karenanya, promosikan bisnis makanan Anda dengan mendaftarkannya secara online. Keuntungan lain dari pendaftaran ini adalah biaya dan efisiensi marketing yang lebih oke. Sekali mendaftar dan menyediakan konten deskripsi yang tepat, Anda tidak perlu berulang-ulang menjelaskan bisnis kuliner Anda pada konsumen. Konsumen akan menemukan bisnis Anda lewat fitur search, membaca ulasan dari konsumen sebelumnya, mengikuti petunjuk pemesanan, dan order pun masuk ke handphone Anda. Mudah bukan?

Di Indonesia, sudah banyak aplikasi yang mempersilahkan Anda untuk menjadi bagian dari list kulinernya. Sebut saja Zomato, Pergi Kuliner, Qraved, Kulina, dan masih banyak lagi. 

Ingin tahu lebih banyak trik jualan online? Klik di sini untuk info selengkapnya

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.