6 Top Situs untuk Mencari Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah menjadi salah satu bahan penting untuk menyelesaikan sebuah karya ilmiah, tidak terkecuali skripsi di semester akhir perkuliahan. Terkenal sulit untuk ditemukan, banyak mahasiswa kebingungan dalam mencari cara mencari jurnal ilmiah yang efektif dan efisien.

Jika kamu sedang kebingungan mencari jurnal ilmiah sebagai referensi tulisan ilmiah, tidak perlu khawatir. Berikut 6 top situs yang menyediakan jurnal ilmiah secara gratis.

LIPI.go.id

Apabila kamu perlu menulis skripsi atau artikel ilmiah berbahasa Indonesia, website LIPI bisa jadi cara mencari jurnal bagi kamu. LIPI, singkatan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, adalah sebuah badan pemerintah non kementerian yang dikoordinasi oleh Kemenristekdikti. Kamu bisa menemukan berbagai jurnal ilmiah, mulai dari jurnal kimia, jurnal biologi, hingga jurnal teknik.

Cukup berkunjung ke situs jurnal.lipi.go.id dan kamu bisa mencari topik serta judul jurnal ilmiah yang sesuai dengan kebutuhan. Tenang saja, sebagian besar dari jurnal ilmiah yang tersedia gratis untuk diunduh.

Ijern.com

Situs ini menyimpan setiap jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh Contemporary Research Center (CRC). Artikel jurnal ilmiah di sini juga bisa kamu download dalam bentuk pdf secara gratis. Jika skripsi atau karya ilmiah kamu memerlukan referensi jurnal ilmiah internasional, maka IJERN adalah cara mencari jurnal yang tepat.

Mencakup bidang ilmu sosial dan humaniora, sains dan teknik, serta bisnis dan ekonomi, kamu bisa menemukan beragam topik jurnal ilmiah di sini. Segera cek arsip jurnal yang sudah dikeluarkan sejak tahun 2013 di situs ijern.com sekarang juga. Tidak hanya itu saja, nantinya kamu juga memiliki akses untuk mempublikasikan karya ilmiah milikmu melalui situs ini.

Baca juga:Ragam Jenis Artikel Ilmiah yang Perlu Diketahui

Researchgate.net

Bagi para tenaga pengajar, researchgate.net pasti terdengar familier. Cara mencari jurnal melalui situs ini dimulai dengan membuat akun resmi. Kamu bisa menggunakan email pribadi atau email kampus, tentu saja bebas biaya pendaftaran. Terdapat lebih dari 135 juta halaman artikel jurnal yang tersedia di researchgate.net, mencakup segala topik yang ada.

Enaknya lagi, researchgate.net ini menjadi cara mudah untuk mempublikasikan karya ilmiah milikmu secara online. Memang tidak resmi, tetapi cocok untuk menunjukkan riset atau kerja kerasmu selama mengerjakan tulisan ilmiah tersebut. Seluruh artikel jurnal di sini bisa diunduh gratis atau diakses secara online.

Google Scholar

Bukan hanya Google Docs dan Google Translate saja yang menjadi inovasi keluaran Google, ternyata terdapat search engine khusus untuk menemukan artikel jurnal ilmiah sesuai dengan judul dan topik yang diminta. Cara mencari jurnal yang satu ini mencakup artikel jurnal dalam seluruh bahasa, dikarenakan Google hanya mengumpulkan artikel-artikel sesuai dengan keywords yang dimasukkan.

Tidak hanya jurnal ilmiah, kamu juga bisa menemukan buku-buku yang sesuai dengan topik yang dicari. Mengingat Google Scholar hanya bertugas untuk mencari jurnal ilmiah yang relevan, beberapa dari artikel jurnal ini memiliki akses terbatas. Sehingga, kamu harus teliti dalam mencari artikel yang bisa diunduh secara gratis.

Libgen .org

Ingin mencari jurnal ilmiah dan buku berbahasa inggris? Kamu bisa menggunakan Library Genesis atau yang biasa disingkat menjadi libgen.org. Situs ini menyediakan begitu banyak akses download jurnal ilmiah dan buku, sesuai dengan keywords yang dimasukkan. Kamu dapat mencari melalui nama penulis, judul buku, maupun topik.

Seluruhnya bisa diunduh secara gratis dalam format pdf atau epub, tergantung dengan ketersediaan dan kebutuhan kamu. Cukup ketik “libgen” ke dalam Google, kamu pun akan menemukan situs Library Genesis yang tersedia. 

DOAJ

Satu lagi cara mencari jurnal yang bisa kamu coba, yakni dengan mengakses situs DOAJ. DOAJ adalah singkatan dari Directory Open Access Journal. Sesuai dengan namanya, situs ini menyediakan layanan open access sehingga kamu dapat mengunduh seluruh artikel jurnal secara gratis. Tidak hanya itu, interface dari situs ini juga sangat mudah untuk digunakan.

Cukup mengetik topik atau judul yang ingin kamu cari di DOAJ, kamu akan menemukan banyak artikel jurnal ilmiah berbahasa Inggris di sini. Situs ini juga sering direkomendasikan oleh banyak dosen kepada para mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi.

Jangan lupa untuk memasukkan referensi terpercaya ke dalam skripsi atau karya ilmiah yang ditulis, Pintarian! Referensi yang tepat akan sangat membantu kamu dalam membahas permasalahan dan menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Juga, dosen atau tim penilai akan lebih percaya dengan argumenmu jika kamu memiliki referensi tersebut. 

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.