Siapa yang tidak mau produktif dalam bekerja? Tetapi tidak sedikit yang dalam prosesnya tidak berjalan sesuai rencana, bahkan harus bekerja lembur dikarenakan proses kamu dalam bekerja tidak efektif.

Tentu bukan pemandangan yang indah, melihat rekan satu kantor pulang lebih dulu. Sedangkan kamu masih terjebak dengan tumpukan kerjaan yang belum selesai. Sedangkan keesokan harinya, harus kembali menghadapi pekerjaan dengan tempo yang sama.

Rutinitas dan ritme bekerja seperti inilah yang membuatmu rentan untuk dilanda stres. Namun, bila kamu berniat untuk mengubahnya. Pintaria punya beberapa cara yang bisa dilakukan agar kinerja kamu lebih produktif dan maksimal.

Jangan Lupa Sarapan

Tidak sedikit yang mengabaikan sarapan karena terburu-buru, atau sekadar menundanya hingga siang hari. Dampaknya kamu menjadi tidak fokus dan tidak memiliki energi untuk bekerja. Hanya saja usahakan untuk sarapan dengan nutrisi yang cukup dan tidak berlebihan, karena bisa memiliki efek sebaliknya dari harapan kamu, yakni mengantuk.

Membagi Waktu Sendiri dan Pekerjaan

Saat kamu sudah mengawali pekerjaan, pastikan untuk tidak mendapatkan gangguan sedikit pun dalam jangka waktu yang ditentukan, sehingga kamu bisa memaksimalkan penuntasan pekerjaan secara lebih efektif. Contohnya 50 menit fokus bekerja lalu 10 menit istirahat sejenak untuk sekadar minum teh atau kopi. Dengan begitu, kamu tetap bisa fokus dan tidak terlalu stres.

Merancang Daftar Kegiatan

 Di malam sebelumnya, mulai merancang daftar kegiatan yang akan kamu lakukan keesokan harinya dan dibagi menjadi beberapa bagian dilihat dari skala prioritasnya. Menurut Charles Duhigg, penulis buku Smarter Better Faster: The Secrets of Being Productive in Life and Business, sebaiknya tugas sehari-hari mempunyai lima poin. Yakni spesifik, terukur, dapat dicapai, jadwal yang jelas dan realistis.

Baca juga: Jenis Teman yang Bisa Bikin Kamu Sukses

Awali dari Tugas yang Paling Berat

Alasan untuk menyelesaikan pekerjaan yang berat terlebih dahulu adalah untuk lebih memberikan fokus dan energi yang masih penuh untuk pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi lebih. Dan saat tekanan selesai, kamu bisa beralih ke pekerjaan yang lebih mudah, sehingga bisa mencegah kamu mendapatkan stres berlebih, jika dibandingkan saat energi menurun tapi kamu harus menghadapi pekerjaan terberat di hari tersebut.

Tidur Lebih Awal

Mendapatkan tidur dan istirahat yang cukup membuat kamu lebih segar di pagi harinya. Permasalahan kurang istirahat tidak hanya berpengaruh kepada mood bekerja kamu, tapi juga kesehatan untuk jangka panjang.

Minum Kopi di Waktu Tertentu

Untuk mendapatkan energi instan yang cepat, minum kopi bisa membantumu untuk kembali bersemangat, hal ini dikarenakan oleh efek kafein yang diberikan. Bila tidak suka, kamu juga bisa menggantinya dengan teh yang juga memiliki hal yang sama walau kadar kafeinnya berbeda.

Tapi pastikan pula, mengonsumsi kopi maupun teh secara berlebih bukan solusi yang bisa mendapatkan energi tambahan di tiap harinya, minumlah secukupnya saja.