Sesekali malas belajar itu manusiawi. Tapi, jangan sampai rasa malas dibiarkan berlarut-larut sehingga menghalangi kamu menggapai cita-cita.

Masih enggan beranjak dari depan televisi dan mulai membaca materi pelajaran? Wah, kalau begitu terus, bisa-bisa kamu keteteran saat menghadapi ujian minggu depan! Yuk, lakukan 6 langkah berikut ini untuk mengusir jauh-jauh rasa malas belajar.

Kuatkan motivasi

Untuk menguatkan motivasi belajar, ingat kembali cita-cita yang ingin kamu raih setelah lulus kuliah nanti. Ingin mendapatkan pekerjaan di perusahaan bonafide, membuka usaha sendiri, atau hendak melamar kekasih pujaan hati? Tanamkan impian tersebut di dalam benak, dan jadikan pemicu semangat ketika rasa malas mulai menyerang.

Tetapkan jadwal belajar rutin

Susun dan patuhi jadwal belajar, misalnya setiap malam menjelang tidur atau di akhir pekan bagi Pintarian yang kuliah sambil bekerja. Saat belajar, fokuslah pada materi dan jangan biarkan pikiran melayang kemana-mana. Dengan begitu, kamu bisa memahami materi dalam waktu singkat dan masih punya waktu untuk melakukan aktivitas lain.

Ciptakan suasana kondusif

Hindari belajar pada saat perut lapar atau ketika kamu sudah amat mengantuk. Jika dipaksakan, hasilnya tidak akan memuaskan dan kamu malah sukses membuang waktu. Lain kali, pastikan kamu sudah menyantap makan siang, tidur cukup, dan sudah melakukan kewajiban lainnya agar waktu belajar bisa dipakai secara efektif.

Singkirkan hambatan belajar

Kamu tidak bisa berkonsentrasi di tengah suasana bising? Jika demikian, masuklah ke dalam kamar setiap kali memasuki waktu belajar. Mintalah seisi rumah untuk tidak mengganggu kamu selama belajar. Jika tak ingin tergoda untuk tidur di bantal yang empuk, kamu bisa belajar di perpustakaan.

Beri hadiah kepada diri sendiri

Untuk menambah motivasi belajar, selain mengingat-ingat impian besar yang ingin dicapai, kamu juga bisa memberi hadiah kepada diri sendiri setiap selesai mengerjakan ujian. Bisa berupa traktiran makan enak, nonton film di bioskop, atau CD game yang sudah kamu incar.

Bergaul di lingkungan positif

Sama seperti virus penyakit, kebiasaan positif juga bisa menular di dalam lingkaran pergaulan. Karenanya, mengelilingi diri dengan kawan-kawan yang memiliki semangat belajar dan disiplin tinggi bisa mendatangkan pengaruh baik pada diri Pintarian.