6 Aplikasi agar Fokus Belajar dan Bekerja

Terkadang, mengumpulkan niat untuk fokus belajar atau bekerja itu agak susah ya Pintarian. Pasti ada saja godaan-godaan untuk chat dengan teman atau mungkin pasangan. Selain itu, biasanya kita seringkali tidak tahan untuk membuka media sosial. Akhirnya, kamu malah hanya membuka buku atau mengerjakan pekerjaanmu selama beberapa menit. Sisanya kamu malah lebih sering membuka smartphone-mu.

Tapi, teknologi kini sudah semakin maju. Jika kamu sering mengalami masalah tersebut, ada beberapa aplikasi yang bisa menolongmu agar lebih fokus. Nah, kamu bisa menginstal aplikasi ini di smartphone ataupun laptopmu. 

Penasaran aplikasi apa saja yang bisa kamu gunakan agar lebih fokus? Yuk langsung saja simak 6 diantaranya berikut ini!

Forest

Aplikasi yang satu ini punya konsep yang cukup menarik agar kamu tetap fokus saat belajar atau bekerja. Di dalam aplikasi ini, kamu diharuskan merawat sebuah pohon. Ketika kamu bisa fokus bekerja atau belajar sesuai dengan target yang telah ditentukan, maka pohon tersebut pun akan tumbuh. Sebaliknya, jika kamu enggak bisa mencapai target, maka pohon kamu akan mati. Seru, kan?

Baca juga: Mengenal Manfaat Belajar di Pagi dan Malam Hari

Freedom

Umumnya, kita seringkali tergoda untuk membuka media sosial saat sedang belajar ataupun bekerja. Karena itu, kita menjadi kehilangan fokus. Nah untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan aplikasi freedom. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memblokir internet khususnya aplikasi media sosial, e-mail atau browser. Tapi jangan khawatir situs tersebut akan terblokir selamanya. Kamu bisa menentukan durasi pemblokirannya kok.

Cold Turkey Blocker

Hampir sama seperti aplikasi Freedom, Cold Turkey Blocker juga bisa memblokir sementara website yang sekiranya bisa mengganggu konsentrasimu. Tapi, aplikasi ini lebih cocok untuk kamu yang lebih banyak menghabiskan waktu belajar dan bekerja dengan menggunakan laptop.

AppBlock

Aplikasi yang satu ini juga cocok untuk kamu yang sulit lepas dari media sosial. Jadi, AppBlock bisa membantumu untuk memilih aplikasi apa saja yang boleh dan tidak boleh kamu akses selama beberapa waktu. Misalnya, kamu sudah menentukan durasi belajar selama 2 jam. Maka selama 2 jam ke depan setelah AppBlock ini berjalan, aplikasi-aplikasi larangan yang kamu pilih tidak akan bisa terbuka. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan PIN lho. Jadi agar lebih fokus, kamu bisa meminta keluarga untuk membuatkan PIN rahasia untukmu. Sehingga, kamu tidak akan bisa mematikan blokirnya sebelum waktu yang ditentukan.

Brain Focus

Brain Focus juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang bisa memblokir beberapa situs atau aplikasi saat hendak belajar atau bekerja. Namun keistimewaan dari Brain Focus adalah aplikasi ini dilengkapi dengan notes dan list pekerjaan atau kegiatan yang sedang kamu lakukan. Nah, setelah kamu selesai mengerjakan pekerjaan atau kegiatan tersebut, kamu bisa lihat hal-hal produktif apa saja yang sudah kamu lakukan. Selain itu, kamu juga bisa melihat berapa lama kamu menghabiskan waktu untuk menyelesaikannya. Jadi selain membantumu agar lebih fokus, aplikasi ini juga bisa membuat jadwal kamu lebih teratur dengan menulis list maupun notes pekerjaanmu.

Brain.fm

Setiap orang punya cara yang berbeda-beda saat belajar maupun bekerja. Nah, buat kamu yang lebih senang dan fokus belajar sambil mendengarkan lagu, aplikasi yang satu ini akan cocok denganmu. Brain.fm adalah sebuah aplikasi dimana kamu bisa memilih musik dan instrument yang ingin kamu dengarkan, agar pikiran kamu pun bisa lebih fokus saat belajar maupun bekerja.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.