5 Tips untuk yang Memiliki Gaya Belajar Kinestetik

Setiap orang punya cara belajarnya masing-masing dalam memahami pelajaran dan materi yang diberikan saat kuliah, sekolah, maupun dunia kerja.

Lalu apakah kamu mengetahui cara atau gaya belajar kinestetik? Dan ciri-ciri orang yang memiliki gaya belajar kinestetik? Simak beberapa diantaranya yang dilansir dari kompasiana.com,

·         Menyentuh segala hal yang dijumpainya, termasuk saat belajar

·         Sulit berdiam diri

·         Saat mengerjakan segala sesuatu, memungkinkan tangannya selalu aktif

·         Suka menggunakan objek sebagai alat bantu belajar

·         Mengalami kesulitan akan hal abstrak seperti peta dan simbol

·         Menyukai praktik dan simulasi

·         Menyukai permainan dan aktivitas fisik

Dalam penjelasan lainnya dari idntimes.com, gaya belajar kinestetik merupakan gaya belajar bagi orang untuk lebih mudah memahami pelajaran melalui gerakan dan simulasi nyata, seperti praktik atau eksperimen.

 Nah, apakah kamu merasa sebagai individu yang akan lebih mudah dengan cara demikian? Pintarian, pada kali ini Pintaria akan berbagi beberapa tips bagi kamu yang memiliki gaya belajar kinestetik, agar semakin mudah untuk mengerti dan berprestasi nantinya.

Jangan memaksakan untuk memahami semua teori sekaligus

Masih dari sumber yang sama, bahwa seseorang yang memiliki gaya belajar kinestetik, sebaiknya tidak memaksakan untuk belajar semua teori  dari materi atau catatan yang kamu miliki. Alangkah lebih baik, jika memang kamu diperlukan untuk menghafal ilmu atau materi yang ada, gunakanlah cara dan gaya kamu sendiri, daripada harus melahap semua teori dari catatan yang rentan membuatmu sulit memahami bahkan cepat bosan.

Rajin melakukan praktik dan eksperimen dari pelajaran yang kamu dapatkan

Disinilah letak kekuatan kamu sebagai sosok yang lebih mudah memahami pelajaran atau materi menggunakan gaya kinestetik, karena lebih aktif  dan suka mengamati langsung dari apa yang mereka lihat.

Maka dari itu, jika kamu mendapatkan materi atau pelajaran, cobalah untuk membuat simulasi atau praktik sederhana agar informasi yang kamu dapatkan bisa lebih mudah diingat dan dipahami. Di sisi lain, dengan menggunakan metode tersebut, membuat kamu menjadi pribadi yang pantang menyerah. Bayangkan jika materi yang diberikan sulit, maka kamu tertantang untuk membuat praktiknya dan jadi semakin tahu lebih dalam materi yang kamu dapatkan.

Baca juga: Tips Belajar Online bagi Pemula Program Prakerja

Manfaatkan gerak tubuh saat mengolah informasi

Praktik dan simulasi bisa membantu kamu dalam proses belajar. Nah, untuk lebih memudahkan. Kamu bisa memanfaatkan gerak tubuh agar semakin efektif. Seperti menjentikkan jari atau menamakan benda yang ada di sekelilingmu .

Dan kamu tidak perlu takut atau malu, jika proses belajar dilakukan sambil berjalan atau bergerak.

Kunjungi tempat yang bisa membantu proses belajar

Dengan berada di lokasi yang bisa membuat kamu mencari tahu lebih banyak dan memahaminya, maka semakin mudah pula proses belajarnya. Seperti jika kamu sedang belajar sejarah, maka kamu bisa mengunjungi tempat bersejarahnya atau melihatnya di museum. Merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan.

Bentuk kelompok belajar atau ajak teman untuk belajar bersama

Umumnya, untuk kamu yang memiliki gaya belajar kinestetik akan mengalami kesulitan untuk belajar sendiri, dan membutuhkan banyak interaksi yang biasanya akan terjadi dalam kelompok belajar.

Dan untuk prosesnya sendiri, bisa memanfaatkan metode tanya jawab atau satu per satu menjelaskan bisa sangat membantu kamu. Karena dengan bantuan teman dan keramaian, bisa membuat kamu lebih semangat dalam memahami pelajaran dan materi yang didapatkan.

Bagaimana Pintarian? Dengan beberapa tips di atas kamu akan terpacu dan memudahkan, bagi yang tidak terlalu menyukai teori dan cenderung pribadi yang aktif.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.