5 Tips Menghadapi Wawancara Kerja Dengan Bahasa Inggris

Proses yang penting sebelum kamu mendapatkan kerja. Tahap interview atau wawancara menjadi bagian dari setiap perusahaan untuk lebih meyakinkan, apakah kamu layak atau tidak untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu lamar.

Apalagi jika kamu termasuk kategori yang baru lulus sekolah, kuliah, atau blended learning. Tentu wawancara kerja menjadi pengalaman yang menegangkan. Panik dan gugup melanda kamu sebelum menjalaninya.

Saat satu hal kamu bayangkan, apa jadinya jika kamu dipertemukan pada tahap wawancara kerja yang mengharuskan kamu berbahasa Inggris. Wah Pintarian, semakin tegang dong yah, apalagi jika kamu tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas tentang bahasa Inggri, tentu hal ini akan terdengar menakutkan.

Tapi bukan berarti kamu harus mundur. Bila kamu merasa bahasa Inggris yang kamu miliki cukup baik. Ada beberapa hal yang bisa kamu bisa lakukan agar lebih siap menghadapi sesi wawancara kerja dengan bahasa Inggris, Ini dia diantaranya:

 Lakukan Observasi

Melakukan observasi adalah sebuah langkah awal yang penting untuk dilakukan sebelum wawancara kerja. Walaupun tidak menggunakan bahasa asing, hal ini tetaplah penting untuk dilakukan. Dengan melakukan observasi tentang perusahaan tersebut, informasi yang akan kamu dapatkan pun tentu akan semakin banyak. Selain itu, hal ini dapat meningkatkan pengetahuanmu tentang perusahaan tersebut. Sehingga kamu mampu mengatur perbendaharaan kata yang perlu disampaikan mengenai perusahaan yang ingin kamu masuki. 

Berlatih

Setelah melakukan observasi mengenai perusahaan yang akan kamu masuki, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah berlatih. Buatlah beberapa pertanyaan interview dalam bahasa Inggris sebagai bahan latihan. Kemudian buatlah jawaban dari pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan pada saat interview berlangsung. Dengan demikian, kamu tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.

 

Setelah membuat daftar pertanyaan serta jawaban yang akan disampaikan, berlatihlah untuk mengucapkan jawaban tersebut dengan tepat. Sebab, dalam bahasa Inggris, jika salah dalam pengucapan maka artinya pun bisa berbeda. Apalagi jika perekrut adalah orang asing. Tentunya kamu harus berbicara dengan pelafalan yang tepat agar ia tidak salah persepsi. Oleh karena itu, pelafalan juga menjadi penilaian yang penting pada saat interview kerja. 

 

Baca juga: Hindari Stres, Kerja dari Rumah Punya Banyak Kelebihan

Dengarkan Dengan Cermat

Sebelum menjawab pertanyaan ketika interview berlangsung, dengarkanlah dengan hati-hati apa yang perekrut tanyakan. Jika kamu merasa kesulitan, tangkap kata kunci yang diutarakan oleh perekrut. Misalnya seperti “what are your strengths?”. Kamu bisa menangkap kata ’strengths’ dari pertanyaan tersebut yang mengartikan tentang kekuatan, atau kelebihan yang kamu miliki. Akan tetapi, bila masih kurang jelas dan kamu sulit memahaminya, jangan sungkan untuk meminta perekrut mengulang pertanyaan tersebut.

 

Bicara Dengan Kalimat yang Singkat

Ketika kamu ingin menjawab pertanyaan dari perekrut, jawablah dengan jawaban yang singkat untuk mempermudah perekrut mengerti tentang apa yang ingin kamu sampaikan. Sebab jika kamu menjawab dengan kalimat yang panjang dan bertele-tele, perekrut pun akan sulit memahami jawabanmu. Selain itu, hal tersebut bisa saja membuatmu justru gugup dan lupa dengan jawaban yang kamu coba sampaikan. Agar perekrut mudah mengerti jawaban yang ingin kamu sampaikan, jawablah secara to the point. Selain menjawab dengan singkat, jangan berbicara terlalu cepat. Karena hal ini juga akan membuat perekrut sulit memahami jawaban yang sedang kamu katakan.

 

 Jangan Malu Untuk Bertanya

Apabila kamu kurang mengerti pertanyaan yang disampaikan oleh perekrut, jangan takut atau sungkan untuk bertanya kembali atau meminta perekrut mengulang pertanyaannya. Sebab, apabila kamu menjawab dengan jawaban yang tidak sesuai dengan pertanyaan, hal ini justru bisa berakibat fatal. Jangan khawatir untuk bertanya jika kamu memang kesulitan. Perekrut akan selalu mengerti bahwa bahasa Inggris bukanlah bahasa utamamu.

 Bagaimana Pintarian, siap menghadapi wawancara kerja dengan bahasa Inggris? Jangan takut walau pun kamu baru lulus sekolah, kuliah, atau blended learning.

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.