5 Tips Cerdas Berjualan di Instagram

Memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif per bulan, Instagram menjadi media sosial potensial untuk memasarkan dan mengiklankan produk. Terbukti, di Indonesia, Instagram menjadi platform yang tidak hanya digunakan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman atau kerabat, tapi juga berbisnis dan berjualan. Kalau kamu mau ikut memanfaatkan platform media sosial ini untuk berbisnis, ketahui dulu bagaimana cara jualan di Instagram yang benar!

Tentukan audience

Sebelum mulai melakukan promosi dan cara jualan di Instagram, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan target audience atau target pasar dari produk jualanmu. Cari tahu dan pahami orang-orang seperti apa yang kemungkinan besar akan membeli atau menggunakan produkmu. Dari sini, kamu bisa menentukan brand voice hingga konten yang sesuai.

Dengan brand voice dan konten yang sesuai, kamu akan lebih mudah menggaet target audience untuk setidaknya berinteraksi dengan akun Instagram jualanmu. Bakal lebih bagus lagi kalau mereka sampai follow. Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengubah audience yang sudah kamu miliki menjadi pembeli dan pelanggan setia. 

Buat akun Instagram bisnis

Supaya terlihat lebih profesional dan serius dalam menjalankan bisnis di Instagram, kamu bisa mengubah akun yang awalnya personal menjadi bisnis. Caranya tinggal klik pilihan “Switch to Business Account” pada pengaturan akun. Dengan mengubah akun Instagram menjadi bisnis, kamu bisa menikmati fitur Insight. Fitur ini berguna untuk menganalisis perkembangan dan pertumbuhan akun, seberapa efektif konten yang dibuat, dan sejauh mana konten Instagram kamu menjangkau audience.

Buat konten menarik dengan kualitas terbaik

Cara jualan di Instagram yang sukses ditentukan dari bagaimana kamu bisa menarik orang lain untuk membeli produk, yakni dengan mengunggah konten-konten berkualitas yang menjual. Kalau cuma sekadar foto produk dan mengunggahnya langsung ke Instagram, maka tidak akan menjamin orang akan tertarik dan membeli. Beda kalau kamu membuat konten menjadi lebih berkualitas dengan cara memikirkan angle pengambilan gambar, pencahayaan, hingga penggunaan efek editing tertentu.

Baca juga: 3 Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula

Sisipkan hashtag

Hashtag atau tanda pagar (#) bekerja dengan cara mengelompokkan konten berdasarkan tema atau topik yang diangkat. Misalnya saja hashtag #onlineshop yang memiliki ratusan ribu atau bahkan jutaan konten jualan online. Dengan hashtag, kamu bisa membantu pengguna lain menemukan kontenmu dan menjangkau lebih banyak pengguna. Semakin mudah pengguna Instagram menemukan kontenmu, maka akan semakin tinggi kemungkinan mereka berinteraksi di akunmu.

Jangan ragu tawarkan diskon  

Cara jualan di Instagram yang efektif menarik pembeli adalah dengan menawarkan diskon. Oleh karena itu, jangan ragu memberikan promo pada hari atau event khusus. Kamu bisa memberikan promo buy 1 get 1, subsidi ongkos kirim, gratis ongkos kirim, potongan harga sekian persen, atau yang lainnya.

Supaya lebih banyak orang tahu soal diskon yang ditawarkan, kamu bisa menghubungkan platform Instagram dengan Facebook atau media sosial lainnya. Kamu pun bisa mempromosikan diskon yang sedang berlaku melalui pesan WhatsApp dan meminta mereka menuju Instagram untuk informasi pembelian. Untuk meningkatkan urgensi yang akan mendorong calon pembeli melakukan transaksi lebih cepat, beri batas waktu kapan diskon akan berakhir. Dengan demikian, mereka akan segera membeli barang yang diminati.

Demikian panduan singkat cara jualan di Instagram yang bisa kamu coba. Kalau mau tahu lebih lanjut soal cara berjualan di Instagram, kamu bisa ikut training online salah satu kelas di Pintaria, yaitu Sukses Jualan di Instagram dengan menggunakan Kartu PraKerja yang dimiliki. Good luck!

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.