Bosan jadi karyawan? Saatnya kamu merintis usaha sendiri Pintarian!  Apa saja sih hal yang harus kamu siapkan sebelum membuat sebuah usaha? Selain tahu siapa target market kamu dan barang apa yang akan dijual, dalam memulai sebuah usaha juga dibutuhkan strategi manajemen yang cakap untuk mengatur dan mengelola usaha kamu. Melalui artikel ini, Pintaria akan membagikan beberapa taktik jitu untuk memulai usaha kamu:

1.Realistis

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuka usaha adalah dengan melakukan riset. Coba lihat sekeliling kamu saat membuat model bisnis, dan lihatlah mana yang paling mendekati dari personalia kamu, dan pelajari lebih dalam. Jika tidak ada yang sesuai dengan personalia coba untuk membuat gabungan konsep antara realita dan impian kamu.

2.Kerja keras

Saat kamu baru memulai usaha kamu, kerja keras, lembur, dan waktu yang kamu gunakan adalah sumber masa depan kamu. Jika itu tidak seperti dengan kriteria kamu, maka dunia wirausaha tidak cocok untuk kamu.

3.Bekerja efisien

Saat kamu baru memulai usaha, maka kamu adalah karyawan untuk usaha kamu. Seperti yang telah disebutkan pada poin atas. Bagaimana cara mensiasati waktu kamu yang sedikit untuk mengurusi berbagai hal dalam satu waktu.

4.Jual manfaatnya, bukan harganya

Saat kamu baru memulai usaha, biasanya kamu akan kesulitan untuk memahami keadaan pasar. Tapi, kalau kamu menurunkan harga pada akhirnya kamu akan menjual dengan harga pas-pasan. Tipsnya adalah, kuasai keahlian komunikasi dengan pelanggan, pahami produk yang kamu jual bahwa harga yang kamu jual lebih tinggi karena memiliki nilai yang baik.

5.Ketahui modal awal

Inilah satu daftar essensial yang perlu kamu ketahui. Berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk membuka sebuah usaha. Buatlah daftar-daftar yang dibutuhkan mulai dari harga sewa toko, listrik, gaji karyawan, harga printer, kertas dan pajaknya. Jumlahkan biayanya dalam setahun kamu buka berapa hari dan kamu akan menemukan modal awal yang kamu butuhkan untuk perharinya.

Dengan kamu membuat daftar-daftar seperti di atas, niscaya usaha kamu akan berjalan dengan lancar. Namun, kalau kamu masih bingung untuk memulai dari mana, kamu bisa mencoba untuk belajar lebih dalam mengenai menajamen dengan bergabung di kelas Magister Manajemen di UKRIDA. Di sini kamu akan diajarkan lebih mendalam mengenai ilmu-ilmu manajemen yang bisa kamu aplikasikan sehari-hari dalam usaha dan bahkan kehidupan kamu. Apalagi, kelas Magister Manajemen di UKRIDA menggunakan metode Blended Learning yang memungkinkan kamu untuk tetap bekerja sambil kuliah. Tunggu apa lagi? Ayo daftar sekarang juga di sini!