Mengerjakan tugas yang sifatnya monoton, seringkali membuat kita cepat bosan dan kehilangan gairah kerja. Nah bila kamu merasa punya kreativitas tinggi dan suka dengan ide-ide baru, kamu bisa merintis pilihan profesi berikut ini:

CONTENT CREATOR
Profesi content creator sedang naik daun. Kemajuan pesat di bidang teknologi komunikasi dan informasi membuka peluang berkembangnya bidang usaha pembuatan konten. Banyak perusahaan membutuhkan konten untuk mengisi media publikasinya, misal majalah internal, website maupun mengelola aktivitas media sosial.

Siapa pun kamu, bidang apa pun yang kamu tekuni, bisa mendatangkan uang  asalkan kamu kreatif mengolah gagasan. Kamu bisa bekerja sebagai content creator yang menyediakan jasa untuk klien atau perusahaan, atau melempar konten ke pasaran secara langsung melalui saluran-saluran seperti website, blog atau Youtube.

Bentuk konten yang ditawarkan bisa bermacam-macam. Mulai dari artikel, foto, audio, video, grafis, animasi dan lainnya. Tak perlu memikirkan hal yang sulit. Mulailah membuat konten dari hal-hal yang kamu sukai. Misalnya kamu gemar melukis. Buatlah akun Youtube untuk memamerkan karya-karya keren, teknik baru yang kamu pelajari atau tema-tema yang lagi ngetrend. Keunikan dan orisinalitas gagasan sangat menentukan keberhasilan seorang content creator. Jadi jadi jangan pernah takut untuk menuangkan ide-ide liar kamu.

GURU

Hah, jadi guru? Di mana asiknya? Bukannya profesi guru identik dengan para kutu buku dan situasi yang monoton dan membosankan, ya? Eits itu dulu. Kini, profesi guru banyak diminati. Bidang pendidikan dan pengajaran berkembang sangat pesat dan selalu butuh sumber daya manusia yang kreatif untuk mengelolanya. Kini lembaga-lembaga pendidikan berlomba-lomba menawarkan metode terbaik dalam kegiatan belajar mengajar. Bukan hanya bertumpu pada buku-buku teks tapi melalui kegiatan interaktif, permainan, dan teknik-teknik kreatif lainnya.

Selain mulia, profesi ini sungguh menyenangkan buat kamu yang kreatif. Orang kreatif pada umumnya sangat suka mempelajari hal-hal baru. Nah dengan menggeluti profesi sebagai guru, kamu jadi tertantang untuk terus belajar dan mengasah kreativitas kamu. Lagi pula saat ini, profesi guru tidak terbatas pada lembaga-lembaga pendidikan formal. Kamu bisa menjadi pengajar di lembaga-lembaga kursus, bahkan membuka kelas sendiri. Jadi mulai sekarang, pilihlah bidang yang kamu sukai dan cobalah untuk menguasainya. Itu akan menjadi modal untuk menjadi guru yang hebat.

DESAINER

Semua produk butuh rancangan. Dan sebuah desain yang ciamik biasanya lahir dari orang-orang yang kreatif dan  imajinatif. Para desainer dituntut mahir memadukan fungsi tanpa mengabaikan estetika.  Pun sebaliknya. Lalu bidang apa yang menarik untuk ditekuni? Silakan pilih sesuai minat kamu. Bila suka pada bidang Teknologi dan Informatika, kamu bisa menjadi web designer atau web developer. Bila tertarik pada bidang fesyen kamu bisa memilih jadi desainer fesyen. Berminat pada bangunan atau interior, bisa merintis jalan menjadi desainer interior.

YOUTUBER/VLOGGER

Buat kamu yang punya sedikit tambahan modal seperti alat perekam video, profesi asyik yang satu ini benar-benar seru lho. Coba deh bikin video sederhana dari smartphone kamu. Kalau sudah merasakan sendiri asyiknya, bisa jadi kamu justru keasyikan merekam apa saja dengan perangkat video.

Jangan salah, di era kemajuan teknologi ini, video bisa menghasilkan uang lho. Kamu bisa review produk-produk tertentu yang laku di pasaran. Atau bikin video dokumentasi jalan-jalan kamu ke tempat wisata. Dengan kualitas video yang baik, kamu bisa jadi youtuber/vlogger terkenal lho!

DIGITAL MARKETER
Bidang pemasaran selalu butuh orang-orang kreatif. Gimana tidak, kebanyakan produsen produk hanya memikirkan cara bagaimana membuat produk yang bagus. Tapi bagaimana bikin orang tertarik dengan produk kita, jelas bukan perkara gampang dan butuh keahlian tersendiri. Bayangin, kamu mesti bersaing dengan ratusan atau mungkin ribuan orang di seluruh dunia yang menawarkan produk yang bisa jadi sama. Lalu bagaimana membuat orang melirik tawaran kamu, bukan yang lain? Teknik-teknik pemasaran ter-update bisa kamu pelajari di kuliah-kuliah bisnis dan marketing.

Yuk buktikan sendiri, browsing aja kategori Digital Marketing di Pintaria. Kamu bisa mengambil paket-paket training menarik yang akan membantu kamu menjadi seorang marketer andal. Misalnya, workshop Social Media Marketing Dasar, Workshop Facebook & Instagram Ads, Workshop Google Adswords dan Google Display Network