Berbicara di depan umum atau public speaking memang menjadi kemampuan yang penting untuk dimiliki saat ini, apalagi jika kamu memiliki tanggung jawab pekerjaan atau tugas yang membutuhkan kamu untuk presentasi atau berbicara dengan orang banyak.

Akan tetapi, tidak sedikit yang masih mengalami kendala paling umum saat melakukannya yakni rasa gugup dan penyampaian yang kurang baik yang berdampak pada pesan yang tidak dapat dimengerti secara sepenuhnya.

Maka dari itulah, kecakapan dalam presentasi begitu diperlukan dan penting untuk dikuasai, karena akan sangat membantu karir kamu kelak.

Bila kamu ingin lebih terlatih melakukan public speaking lebih baik, kenali yuk beberapa penyebab yang membuat presentasi dan kemampuan public speaking kamu kurang baik,

Terlalu Tegang

Hal ini merupakan kendala utama yang dirasakan, saat pertama kali bicara di depan umum atau presentasi. Walau wajar sebetulnya bagi kamu yang belum berpengalaman, situasi seperti ini harus segera kamu atasi. Cara paling sederhana adalah dengan melatihnya di depan cermin atau di depan teman atau keluarga saat melakukannya, menjadi langkah awal yang bisa kamu lakukan agar terbiasa. 

Minim Persiapan

Saat kondisi ini terjadi, wajar saja kalau kamu menjadi gugup sebelum dan saat berbicara di depan umum atau saat presentasi. Kamu tidak memahami materi yang kamu buat dan sampaikan, sehingga rentan dan ragu akan apa yang kamu sampaikan, hingga takut untuk mendapatkan pertanyaan dari pihak yang kamu presentasikan.

Untuk itu, jika memang kamu belum siap secara materi. Ada baiknya, ditunda dulu atau berikan tanggung jawab ini kepada teman atau rekan kerja yang lebih siap untuk melakukannya.

Tidak Berhasil Membangun Chemistry

Mengapa chemistry menjadi hal penting? Karena hal inilah yang membuat audiens kamu merasa tertarik untuk terus mendengarkan dari awal hingga akhir. Bukan malah sibuk berbicara antar sesama atau dengan perangkat ponsel pintarnya. 

Untuk bisa lebih baik, cobalah untuk membuat presentasi dengan konsep dan penyampaian yang menarik.  Agar audiens fokus dengan apa yang kamu sampaikan, dan secara tidak langsung membangun kepercayaan diri kamu dengan lebih baik.

Baca juga: Kuliah Sambil Kerja, Pastikan Kamu Telah Siap 5 Hal ini

Terlalu Bergantung Pada Bahan Presentasi

Membawa bahan presentasi memang menjadi hal yang penting dan bisa membantu untuk memberikan penjelasan yang lebih baik.  Akan tetapi, tidak sedikit yang justru bergantung sepenuhnya dengan bahan tersebut, yang terlihat kamu seperti membaca dan tidak memahami apa yang kamu sampaikan. Untuk itu, jadikan bahan presentasi hanya sebagai panduan, bukan keseluruhan dari apa yang kamu sampaikan.

Terlalu Lama

Hal ini kerap sering menjadi masalah dari seorang yang melakukan presentasi. Terlalu lama, berdampak pada rasa bosan yang mudah untuk terjadi. Maka dari itu, cobalah untuk lebih efisien merampung presentasi kamu dengan lebih jelas dan tidak terlalu bertele-tele yang berakibat pada banyak waktu yang terbuang.

Pintarian, apakah kamu pernah mengalami hal yang telah dijelaskan diatas? Bila iya, tentu menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Meskipun begitu, apa yang terjadi merupakan pengalaman penting untuk dipelajari dan diperbaiki untuk bisa melakukan presentasi yang lebih baik lagi.