Apakah kamu yang termasuk bingung saat melihat jurusan Sastra Indonesia ? Khususnya peluang kerja yang kamu bisa pilih saat sudah lulus nantinya.

Jangan khawatir Pintarian, dengan memilih jurusan Sastra Indonesia kamu tetap memiliki peluang kerja yang besar lho. Nah buat kamu yang merasa ragu, berikut ini Pintaria sudah merangkum beberapa prospek kerja untuk para lulusan Sastra Indonesia. Yuk simak ulasannya!

Editor Bahasa

Sekarang ini, siapapun bisa mengajukan tulisannya agar dicetak dan dibukukan. Buku yang dicetak penerbit pun menjadi lebih banyak dan bervariasi. Bukan hanya itu saja. Kantor media berita pun kini banyak tersebar dimana-mana. Tentunya, baik penerbit maupun media membutuhkan seorang editor bahasa guna mengoreksi tulisan-tulisan yang akan dipublikasikan.

Jurnalis

Banyak yang berpikir bahwa pekerjaan yang satu ini hanya melirik para lulusan jurnalistik. Nyatanya, banyak lulusan Sastra Indonesia yang berpeluang mendapatkan pekerjaan ini. Jadi selain menjadi editor bahasa, kamu juga berkesempatan menjadi seorang jurnalis. Perkiraan gaji dari profesi ini sekitar 7 hingga 8 juta rupiah.

Copywriting

Para lulusan Sastra Indonesia biasanya dikenal dengan tulisan-tulisannya yang menarik. Hal ini pun bisa membuat perusahaan advertising tertarik. Jadi, bidang yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan para lulusan Sastra Indonesia. Di bidang ini, tugasmu adalah menulis naskah iklan untuk perusahaan yang nantinya akan dipublikasikan melalui media.

Baca juga: 5 Hal Penting Saat Memilih Jurusan Kuliah

Content Writer

Belakangan ini, perkembangan bisnis startup pun cukup besar. Bukan hanya bagi para lulusan ekonomi saja, tapi fenomena ini pun membuat peluang kerja para lulusan Sastra Indonesia terbuka lebar. Kamu yang lulus dari jurusan Sastra Indonesia bisa bekerja sebagai seorang content writer. Tugasnya pun enggak berbeda jauh dari seorang copywriter. Hanya perbedananya, tulisanmu akan dipublikasikan melalui laman internal.

Penulis Naskah Film

Siapa bilang jurusan Sastra Indonesia hanya bisa menulis novel dan puisi? Untuk kamu yang senang membuat cerita-cerita menarik, bidang pekerjaan ini akan sangat cocok untukmu. Selain menyenangkan, menjadi seorang penulis naskah film juga membuatmu memiliki kesempatan mendapat bayaran yang tinggi lho! Seorang penulis naskah film bisa mendapatkan bayaran hingga Rp20 juta.