Usia tidak bisa menjadi patokan untuk mendapatkan kesuksesan finansial. Di usia matang, 30 tahun misalnya, kamu bisa mendapatkan itu. Apabila kamu baru saja mendapatkan karir Kamu di usia 20 tahunan, atau sudah bekerja dan menuju terobosan besar berikutnya, sekaranglah saatnya untuk mulai membuat visi kamu menjadi kenyataan (sukses finansial).

Namun kamu perlu mengetahui, tidak ada akses cepat untuk menjadi kaya. Tapi alih-alih melamun tentang pendapatan enam digit (atau, bahkan lebih baik, tujuh digit), inilah langkah yang dapat kamu manfaatkan dengan baik. Melansir laman Entrepreneur, berikut 10 langkah yang bisa kamu manfaat.

Miliki Rencana Aksi

Jika kamu ingin menjadi kaya (sukses finansial), kamu akan membutuhkan sebuah rencana. kamu akan membutuhkan anggaran yang dapat kamu pakai untuk jangka panjang. Kunci untuk setiap anggaran adalah kemampuan kamu dan membelanjakan dengan penuh perhatian.

Tetap berpegang pada anggaran kamu juga memastikan membayar dan menghilangkan "utang", terutama pada kartu kredit berbunga tinggi. Anggaran  harus disisihkan sebagai cadangan uang tunai untuk menutupi pengeluaran bulanan dan membantu kamu membangun dana darurat untuk menutupi hal-hal tak terduga.

 Maksimalkan Potensi Penghasilan Kamu

Jika ingin sukses finansial (menjadi kaya), kamu perlu fokus untuk membuat keputusan karier yang akan membantu menghasilkan lebih banyak uang. Menemukan cara untuk meningkatkan penghasilan dan mendatangkan lebih banyak pendapatan adalah hal mendasar untuk menjadi kaya. Apakah sudah waktunya kamu meminta kenaikan gaji? Apakah ada peluang karir yang lebih baik?

Tanyakan kepada diri kamu sendiri, apakah akan memperoleh lebih banyak penghasilan dengan gelar atau kredensial di bidang kamu. Apa yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan potensi penghasilan? Selain itu, pastikan kamu bekerja keras dan memberikan segalanya untuk pekerjaan apa pun yang kamu lakukan.

Memiliki Banyak Aliran Pendapatan

Kamu tidak akan pernah menjadi kaya pada satu penghasilan. Siapa pun yang serius ingin menjadi kaya perlu membangun banyak aliran pendapatan. Ini dapat mencakup pekerjaan sampingan atau paruh waktu. Bisakah kamu menawarkan layanan atau menjual sesuatu?

Bagaimana dengan memulai bisnis rumahan, mungkin di area yang sudah kamu minati? Apakah memiliki ide untuk produk yang dapat Kamu buat, atau sesuatu yang Kamu minati yang dapat Kamu monetisasi, seperti menjual barang secara langsung kepada teman atau toko online? Jadilah kreatif dan berpikir out of the box.

Baca juga: 6 Karakter dan Mental Pengusaha Sukses

Ciptakan Pendapatan Pasif

Sisa pendapatan pasif (dari kantor lama atau pekerjaan sampingan lama) adalah kunci untuk secara otomatis menghasilkan kekayaan dari waktu ke waktu. Beberapa contoh termasuk mengumpulkan royalti dari buku yang kamu tulis, menjual iklan di blog atau situs web Kamu, atau menjual produk digital seperti e-book, kursus online, lokakarya online, atau video.

Saham yang membayar dividen bisa menjadi bentuk lain dari pendapatan pasif. Pilihan lain termasuk menyewa ruangan dari rumah kamu, membuat toko online atau mendaftar untuk aplikasi belanja tunai yang menawarkan bonus untuk membeli barang-barang yang sudah Kamu beli, menjadi solusi kamu sukses secara finansial.

 Kurangi Biaya Hidup Kamu

Untuk membangun kekayaan, kamu harus hidup hemat. Kebanyakan orang kaya tidak mengendarai mobil mahal atau tinggal di rumah mewah. Mereka menjaga biaya hidup mereka serendah mungkin sehingga mereka dapat menggunakan pendapatan surplus mereka untuk terus berinvestasi dalam peluang pembangunan kekayaan.

Semakin banyak uang yang kamu miliki untuk diinvestasikan ulang, semakin cepat Kamu dapat mengumpulkan kekayaan. Maka dari itu, hindari pengeluaran untuk hal-hal yang tidak menguntungkan. Carilah cara untuk mengurangi tagihan, termasuk tagihan energi dan tarif kartu kredit. Kamu bahkan dapat mempertimbangkan untuk menyingkirkan kendaraan pribadi dan menggunakan transportasi umum.